Kamis, 28 Mei 2020
Vika Widiastuti : Kamis, 18 Juli 2019 | 12:00 WIB

Himedik.com - Masalah, seperti pekerjaan, keuangan, hingga keluarga bisa membuat orang cemas bahkan stres. Di saat itu, banyak yang ingin mengunjungi terapis. 

Namun sebelum itu, ada beberapa pengobatan rumahan yang perlu Anda coba untuk membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan, dilansir dari timesofindia.

Meski begitu, perubahan gaya hidup akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasilnya. Jadi Anda perlu bersabar dan konsisten.

1. Catat masalah Anda

Biasakan untuk mencatat apa yang membuat Anda merasa stres, cemas, atau lelah secara mental. Hal ini akan membantu Anda memiliki daftar pola tentang penyebab Anda mengalami stres dan menghindarinya.

Selain itu, mengetahui apa yang membuat Anda cemas juga bisa membuat Anda lebih mudah mengelolanya.

2. Tidur cukup

Tidur ternyata juga berpengaruh untuk mengurangi cemas. Pastikan Anda memiliki tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam. Pastikan juga tempat tidur Anda nyaman dan suhunya optimal.

Ilustrasi stres. (Shutterstock)

3. Konsentrasi pada pernapasan

Setiap kali Anda merasakan kecemasan muncul, mulailah mengambil napas dalam-dalam dan lambat. Hal ini akan membuat detak jantung turun dan mengirimkan sinyak ke otak Anda bahwa semuanya baik-baik saja dan tidak perlu panik.

4. Rilekskan otot

Tanpa disadari, stres akan membuat otot-otot menegang. Jadi perhatikan bagian tubuh Anda dan kendurkan otot. Memperlajari cara mengendurkan otot akan membantu mengurangi kekakuan dan ketegangan yang Anda rasakan.

5. Jauhi alkohol dan kafein

Konsumsi alkohol dan kafein dapat memperburuk gejala kecemasan. Jadi kurangi konsumsi alkohol dan kafein.

Demikian beberapa cara mudah yang bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum mengunjungi terapis. Cara-cara di atas akan membantu Anda untuk lebih tenang dan rileks.