Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Senin, 15 Juli 2019 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Khasiat tanaman kumis kucing atau orthosiphon aristatus tak bisa diabaikan. Tanaman herbal ini memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, di China sendiri tanaman kumis kucing diolah sebagai obat-obatan dan ramuan tradisional.

Tanaman ini sangat baik jika tumbuh di tanah yang lembap dan terkena sinar matahari. Anda bisa mengolah tanaman kumis kucing ini menjadi minuman teh sebagai ramuan herbal.

Melansir dari healthbenefitstimes.com, tanaman kumis kucing digunakan untuk menyembuhkan masalah seperti ginjal dan kandung kemih.

Hal itu karena tanaman kumis kucing bersifat anti-inflamasi dan anti-hipertensi yang membantu menghilangkan gejala rematik dan asam urat. Berikut ini manfaat lain dari tanaman kumis kucing.

Tanaman kumis kucing disebut baik untuk pasien batu ginjal. Mitos atau fakta? (shutterstock)

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Kandung zat di dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah. Hal tersebut karena tanaman kumis kucing ini berifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi kondisi ini.

Selain itu, kumis kucing juga mengandung bahan kimia methylripariochromene yang sudah terbukti menurunkan tekanan darah pada tikus.

2. Membantu masalah pernapasan

Tanaman kumis kucing juga berguna untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Anda bisa mencampurkan ramuan tanaman kumis kucing ini dengan bahan tradisional lainnya yang membantu meredakan masalah pernapasan.

Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)

3. Mengatasi gangguan ginjal

Tanaman kumis kucing juga populer untuk mengatasi gangguan ginjal, termasuk mengobati batu ginjal. Sejumlah penelitian klinis pun telah membenarkan bahwa tanaman ini dapat mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemis, infeksi saluran kemih dan sering buah air kecil.

4. Mengatur gula darah

Tanaman kumis kucing juga dipercaya dapat mengobati gula darah. Beberapa penelitian ilmiah pun telah menunjukkan bahwa ramuan tanaman ini efektif mengatur kadar glukosa dan mengendalikan diabetes.

5. Menyembuhkan masalah kandung kemih

Tanaman kumis kucing yang bersifat traktat sangat efektif untuk mengobati infeksi kandung kemih dan mencegahnya terjadi lagi.

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini, Biar Terhindar dari Penyakit di Hari Tua!