Rabu, 02 Desember 2020
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah : Minggu, 14 Juli 2019 | 08:00 WIB

Himedik.com - Daun sirih selama ini dikenal bermanfaat untuk organ intim dan kecantikan, seperti untuk mengobati jerawat dan rambut rontok.

Selain untuk itu, daun sirih juga mempunyai manfaat kesehatan luar biasa. Daun ini mempunyai manfaat penyembuhan karena mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, dan sumber kalsium yang baik.

Melansir Netmeds.com, dari semua kandungan itu daun sirih dapat digunakan untuk:

1. Analgesik

Daun sirih dapat digunakan dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam.

Caranya adalah dengan dibuat mengoleskan daun sirih yang sudah dihaluskan pada bagian yang terasa sakit.

2. Meringankan sembelit

Daun sirih adalah pembangkit tenaga antioksidan yang membersihkan radikal dari tubuh. Ini mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut.

Daun Sirih (Shutterstock)

3. Meningkatkan Pencernaan

Mengunyah daun sirih setelah makan dianjurkan karena sifatnya karminatif, melindungi usus dan anti perut kembung. Daun berbentuk hati ini meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan

Daun sirih banyak membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita sakit dada, paru-paru dan asma.

5. Sifat antiseptik dan anti-jamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Itu juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

BACA SELANJUTNYA

Turunkan Berat Badan dan Kontrol Gula Darah, Simak 5 Manfaat Susu Hangat