Kamis, 25 April 2024
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Olahraga sambil menyaksikan pemandangan indah adalah hal yang menyenangkan. Tak hanya memanjakan mata, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat itu juga bisa didapat dengan mengikuti event lari Situ Gunung Trail Run 2019 yang bakal diselenggarakan oleh Arkadia Digital Media pada 25 Agustus 2019 di kawasan Situgunung, Taman Nasional Gunung Pangrango, Sukamanis, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Event lari yang diadakan oleh Arkadia Digital Media pastinya akan memanjakan pesertanya dengan pemandangan tiga destinasi wisata di Situgunung, yakni Curug Sawer, Jembatan Situgunung, dan Danau Situgunung.

"Peserta target 500 orang, biaya daftar dalam kategori family itu Rp 400 ribu, 10 km biaya Rp 350 ribu, dan 21 km itu biayanya Rp 450 ribu. Pendaftaran dibuka 19 Mei - 5 Agustus 2019, dan akan dimulai pada 25 Agustus 2019. Cara daftar bisa langsung online ke website www.situgunungtrailrun.com," pungkas Medico.

Bagi Anda yang ingin olahraga sambil refreshing di sela liburan, tampaknya event lari Situgunung Trail Run 2019 ini adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa mendaftarkan diri di sini.

Sebab, olahraga trail running atau lari jejak sendiri tidak hanya memberikan manfaat kesehatan pada tubuh, tetapi juga mood hingga kesehatan mental.

Saat ini sudah waktunya kita juga perlu memikirkan manfaat kesehatan mental dari olahraga yang dipilih. Melansir dari Run Trail, adapun manfaat kesehatan mental dari olahraga trail running antara lain:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Sebuah tinjauan yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine tahun 2014, dilansir dari Trail and Kale, menemukan bahwa olahraga lari membantu mengurangi stres dan kecemasan. Oleh karena itu, olahraga lari adalah pilihan tepat jika seseorang ingin menghilangkan stres.

Apalagi olahraga trail running ini menyuguhkan kita pemandangan indah. Olahraga dengan melihat pepohonan, langit dan keindahan alam lainnya secara langsung akan merangsang mental kita.

SitugunungTrail Run 2019 [Suara.com]

2. Meningkatkan hormon

Olahraga trail running ini juga akan memengaruhi gelombang hormon seseorang. Latihan ini bakal meningkatkan produksi hormon baik dalam tubuh.

Hormon baik inilah yang membangun perasaan baik dan pikiran positif dalam diri kita. Efeknya, kita akan lebih siap dan segar menjalani kehidupan setelah olahraga trail running.

3. Membuat lebih santai

Berlari adalah cara yang paling tepat untuk membantu kita lebih rileks atau santai. Guna mendapatkan manfaat ini Anda tidak harus lari di keramaian atau lapangan seperti kebanyakan orang.

Ada baiknya berlari di pegunungan atau bukit yang kita sebut trail running sambil menikmati pemandangan dan menghirup udara di alam sekitar.

Ilustrasi olahraga lari [shutterstock]

4. Membangun kepercayaan diri

Setiap orang pasti pernah merasa di titik terendah seperti tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Salah satu cara mengembalikan kepercayaan diri dan mood adalah olahraga trail running.

Sebab, olahraga ini membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan yang merupakan faktor paling penting dalam membangun kepercayaan diri.

5. Melawan depresi

Sebuah studi yang diterbitkan ACSMs Health and Fitness Journal tahun 2012, masih dilansir dari Trail and Kale, menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dalam mengobati depresi dan meningkatkan gejala seperti terapi dan pengobatan.

Meskipun olahraga lari ini tidak bisa menggantikan posisi dokter dalam menangani depresi, setidaknya trail running akan membuatnya lebih mudah diobati.

BACA SELANJUTNYA

Pelatih Pribadi Bagi Tips Agar Bisa Tetap Berolahraga Selama Ramadhan