Selasa, 23 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 05 Mei 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Belakangan media sosial kembali heboh dengan tantangan selfie bersama kecoa yang menempel di wajah. Tantangan ini tidak ekstrem dan menjijikan, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia.

Beberapa orang sudah mengunggah fotonya di media sosial dengan berbagai macam gayanya selfie bersama kecoa. Ada banyak pose, mulai dari menaruh kecoa di mulutnya, meletakkannya di pipi hingga wajah dipenuhi kecoa.

Bagi sejumlah orang yang mungkin berniat mengikuti tantangan tersebut, harus berpikir dua kali. Masalahnya, tantangan ini bisa jadi akan merugikan diri sendiri jika tak paham betul bahaya kecoa.

Perlu diketahui bahwa kecoa termasuk hama yang membawa banyak bakteri, seperti salmonella, staphylococcus dan streptococcus. Binatang ini juga mengandung sejumlah virus, salah satunya virus polio.

Mirip seperti lalat, kecoa sering kali mencari makan dari sisa-sisa makanan di lantai atau tempat pembuangan sampah. Bakteri di sisa makanan itulah yang membantu binatang ini bisa bertahan hidup.

Bahaya challenge selfie bareng kecoa di wajah (Instagram/@mungkinhilaf.id)

Selain itu, binatang ini bisa menularkan semua bakteri tersebut melalui kotoran atau air kencingnya jika menempel di tubuh manusia atau hinggap di makanan. Akibatnya, penyebaran bakteri dari kecoa ini bisa menyebabkan masalah penyakit yang serius.

Melansir dari learn.allergyandair.com, bakteri salmonella yang berada di kecoa bisa menyebabkan tifoid. Lalu, ada bakteri poliomyelitis yang bisa menyeybabkan polio.

Kecoa juga mengandung disentri yang bisa menyebabkan diare parah hingga pendarahan.

National Pest Management Association dilansir dari joshuapestcontrol.com, pun membenarkan bahwa kecoa bisa saja memicu reaksi alergi dan menyebarkan penyakit serius.

Kecoak - (Pixabay/PublicDomainPictures)

Adapun sejumlah penyakit yang bisa muncul jika kita atau makanan kita terkontaminasi kecoa.

  1. Demam tifoid
  2. Kolera
  3. Kusta
  4. Listeriosis
  5. Giardia
  6. Gastroenteritis
  7. Campylobacteriosis

Karena itu, para ahli menyarankan untuk tidak menyentuh kecoa dengan tangan tanpa sarung maupun membunuhnya dengan kaki sendiri. Sebab, cara itu mempermudah kecoa menyebarkan bakteri penyebab penyakit serius.

BACA SELANJUTNYA

7 Efek Begadang bagi Kesehatan, dari Obesitas hingga Menurunkan Konsentrasi