Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti : Sabtu, 04 Mei 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat memutuskan menjalani program diet penurunan berat badan, orang akan memulai dari mengganti menu makanan yang biasa dikonsumsi tiap hari, misalnya dengan baralih ke makanan yang lebih sehat, seperti buah dan sayur.

Namun, di samping mengganti atau mengurangi asupan makanan, waktu makan juga penting dan berpengaruh terhadap program penurunkan berat badan.

Berikut HiMedik rangkum dari The Times of India, pengaturan waktu makan terbaik yang membantu menurunkan berat badan.

1. Sarapan

Sarapan adalah hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Untuk membantu menurunkan berat badan, konsumsilah sarapan tinggi protein antara pukul 06.00-10.00 pagi agar mengurangi risiko penumpukan lemak dan membuat Anda tidak mudah merasa lapar.

Ahli gizi Niti Desai juga merekomendasikan Anda untuk sarapan pagi-pagi sekali. Menurut National Weight Control Registry, sekitar 80 persen orang yang makan pada jam-jam tersebut mampu menurunkan berat badan 16 kg lebih banyak dibanding yang lain.

Sarapan/unsplash

2. Camilan pagi

Camilan pertengahan pagi tidak mutlak diperlukan, tetapi hanya jika Anda merasa lapar. Tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna dan menyerap makanan. Jadi, disarakan untuk menikmati camilan di pagi hari 2-4 jam setelah sarapan.

Aturan waktu tersebut membuat Anda kenyang dalam jangka lebih lama dan menjaga energi hingga sore hari.

Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay/silviarita)

3. Makan Siang

Anda harus mencoba makan siang sebelum pukul 03.00 sore. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti memeriksa 300 orang yang menjalani program menurunkan berat badan dan ditemukan bahwa orang yang makan siang sebelumnya mampu mengurangi lebih banyak berat badannya.

Ilustrasi pola makan (Pixabay/rawpixel)

4. Camilan siang

Sama seperti camilan pada pagi hari, Anda haru makan camilan sore Anda 2-4 jam setelah makan siang. Ngemil di antara waktu itu mencegah Anda makan berlebihan.

Makan dalam porsi kecil menjadi pilihan yang baik dan jangan ngemil dengan jeda waktu yang lama antara makan sebelumnya karena akan membuat Anda makan berlebihan.

Cobalah untuk mengonsumsi kacang, buah, smoothie untuk camilan. Meningkatkan asupkan buah dan sayur juga mempercepat proses penurunan berat badan.

Smoothie. (pixabay/StockSnap)


5. Makan malam

Disarankan untuk makan malam sebelum jam 07.00 malam. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University, peneliti meminta 29 pria untuk tidak makan apapun setelah pukul 19.00 malam selama beberapa minggu dan mereka kemudian diminta makan apapun yang mereka inginkan selama dua minggu lagi.

Ditemukan bahwa orang-orang yang makan pada pukul 07.00 malam memiliki 244 kalori lebih sedikit, yang pada akhirnya membantu mengurangi berat badan.

Ilustrasi makan bersama keluarga (Pixabay/skeeze)

 

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Suplemen Penurun Berat Badan Tidak Efektif? Begini Kata Ahli Gizi