Jum'at, 29 Maret 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere : Jum'at, 26 April 2019 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Flaxseeds atau biji rami merupakan sumber serat yang tinggi. Selain itu, jenis biji ini rendah kalori dan mengandung asam lemak omega-3 nabati.

Satu sendok makan biji rami mengandung 37 kalori, dua gram serat dan satu gram protein, seperti melansir dari menshealth. Meski demikian, masyarakat masih ada yang menganggap biji rami sebagai makanan tidak sehat.

Lantas, bagaimana kata peneliti soal manfaat biji rami?

Untuk membantu memperjelas, sekelompok peneliti Iran dan Kanada menerbitkan ulasan pada tahun 2017 tentang biji rami dan studi berat badan.

1. Suplemen biji rami

Alasan suplemen biji rami telah membantu tikus menurunkan berat badan adalah karena lignan, yakni senyawa tanaman dengan kekuatan antioksidan penangkal penyakit.

Biji rami bantu turunkan berat badan? (Pixabay/Jai79)

Namun, dari lima studi yang ditinjau, tidak ada yang menemukan bahwa suplemen dengan lignan terbukti memiliki efek penurunan berat badan yang serupa pada manusia.

2. Kandungan serat

Serat dalam biji rami dapat menyebabkan penurunan berat badan pada peserta studi manusia. Itu karena serat membuat kamu tetap kenyang.

Untuk alasan ini, para peneliti menemukan suplemen biji rami utuh sebagai yang efektif, sedangkan minyak biji rami yang tanpa serat tidak.

Program diet (Unsplash/i yunmai)

3. Efek BMI

Semakin besar BMI orang yang diet menggunakan biji rami, semakin besar pula efeknya. Wanita yang melakukan diet dengan biji rami mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada pria.

Menurut tim peneliti, kamu dapat membeli biji rami dan ditumbuk sendiri lalu dicicipi dengan yogurt, oatmeal atau bakan pasta.

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Suplemen Penurun Berat Badan Tidak Efektif? Begini Kata Ahli Gizi