Sabtu, 20 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Sabtu, 02 Maret 2019 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Setiap orang membutuhkan air untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Namun, selain untuk mengatasi rasa haus atau dehidrasi, air juga memiliki peran penting dalam tubuh. Dirangkum dari Everyday Health, berikut manfaat air untuk kesehatan.

1. Air melindungi jaringan, tulang belakang, dan sendi

Tak hanya memuaskan dahaga dan mengatur suhu tubuh, air juga melembapkan jaringan tubuh. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu menjaga tingkat kelembaban optimal di area mata, hidung, mulut, serta di dalam darah, tulang, dan otak.

Selain itu, air membantu melindungi sumsum tulang belakang, dan berfungsi sebagai pelumas dan bantalan untuk sendi.

2. Membantu tubuh menghilangkan sampah

Asupan air yang cukup memungkinkan tubuh membuang kotoran melalui keringat, urin, dan kotoran (feses). Ginjal dan hati menggunakannya untuk membantu membuang limbah, seperti halnya usus.

Air juga dapat mencegah konstipasi dengan melunakkan feses dan membantu memindahkan makanan yang telah dimakan melalui saluran usus.

Sayangnya, tidak ada bukti penelitian yang menyatakan bahwa meningkatkan asupan cairan akan menyembuhkan sembelit.

Air putih. (pixabay)

3. Alat bantu dalam pencernaan

Pencernaan dimulai dengan air liur, yang dasarnya adalah air. Pencernaan bergantung pada enzim yang ditemukan dalam air liur untuk membantu memecah makanan dan cairan dan untuk melarutkan mineral dan nutrisi lainnya.

Pencernaan yang tepat membuat mineral dan nutrisi lebih mudah diakses oleh tubuh. Air juga diperlukan untuk membantu tubuh mencerna serat larut.

Dengan bantuan air, serat ini mudah larut dan bermanfaat bagi kesehatan usus dengan cara melunakkan feses sehingga mudah dikeluarkan.

Meski air terkesan sepele, tapi pada dasarnya air sangat dibutuhkan dan berperan penting dalam melancarkan fungsi tubuh. Jadi, cukupi kebutuhan airmu ya!

BACA SELANJUTNYA

Mendadak Anyang-anyangan? Coba Ikuti 4 Cara Ini untuk Mengatasinya