Senin, 06 Mei 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 14 Februari 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Stadium II memperlihatkan adanya aktivitas sel kanker, terutama di kelenjar getah bening dan sumsum tulang belakang. Pada stadium ini, kelenjar getah bening mengalami pembesaran.

Stadium II juga bisa terlihat dengan jumlah sel darah putih yang lebih jauh lebih tinggi daripada sel darah lainnya.

Dampak dari tingginya sel darah putih dan pembesaran kelenjar getah bening adalah tubuh yang mudah merasa lelah, akibat anemia terus menerus.

Kanker stadium II juga bisa membuat pengidapnya mengalami memar, mimisan, dan pembekuan darah abnormal.

Stadium III menunjukkan gejala kanker darah yang sudah cukup berat. Selain memar dan mimisan, pengidap kanker darah juga akan mengalami gejalan lanjutan seperti infeksi berulang dan penurunan berat badan drastis.

Infeksi berulang terjadi akibat sel darah putih yang tak bisa melakukan fungsinya dengan normal karena berubah menjadi sel kanker.

Mengenal Tahapan Kanker Darah penyakit yang dialami Ani Yudhoyono. (Dok. Infografis Suara.com)

Penurunan berat badan drastis juga lazim terjadi, karena penyerapan energi dan kalori yang dilakukan sel kanker membuat tubuh kekurangan nutrisi.

Gejala lain yang bisa terjadi saat kanker darah memasuki stadium III adalah volume keringat yang semakin banyak, terutama di malam hari.

Stadium IV menunjukkan kanker darah sudah mengalami metastasis. Dengan kata lain, sel kanker yang tadinya hanya ada di darah, sumsum tulang, dan kelenjar getah bening akhirnya menyebar ke organ tubuh lainnya.

Pada tahap ini, pasien biasanya mengalami gejala khas seperi nyeri terus menerus di sekujur tubuh, lemas dan tak bertenaga melakukan apapun, dan tubuh yang semakin kurus.

SELANJUTNYA: Pengobatan Kanker Darah

BACA SELANJUTNYA

Dipakai di Indonesia, Singapura Justru Ragu Pakai Vaksin Sinovac!