Sabtu, 20 April 2024
Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 07 Februari 2019 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Jika kamu ingin menurunkan berat badan atau sekadar meningkatkan kebiasaan sehat, menentukan berapa banyak kalori yang harus disantap setiap kali makan bisa sangat membantu.

Paket makan 2.000 kalori ini berfungsi sebagai pedoman umum untuk membantumu memulai hal tesebut. Dengan bantuan ahli diet terdaftar sekaligus pemilik Nourished Bite Nutrition, Megan Casper, kamu dapat memilih dari dua pilihan berbeda untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan.

Seperti apa menunya? Yuk, simak rangkumannya dari laman doctoroz.

Sarapan

Sarapan sehat ini mengemas 500 hingga 550 kalori. Jangan lewatkan makan pagi ya karena studi baru-baru ini menunjukkan bahwa makan pagi dapat mencegah rasa lapar di siang hari, yang dapat membantumu mempertahankan dan menurunkan berat badan.

Roti panggang dari gandum yang ditaburi secangkir beri, yang keduanya diisi dengan serat ramah usus. Sajikan dengan yoghurt atau tuangkan sedikit sirup maple.

Jika kamu membutuhkan sarapan cepat saji yang memuaskan dan instan, cobalah aduk telur dengan kale, dilengkapi topping dengan parutan keju dan salsa untuk sajian sarapan burrito yang dapat kamu makan selama di perjalanan.

Menu sarapan burrito. (Pixabay/samuelfernandezrivera)

Makan siang

Sup lentil yang sehat dan beraroma akan membuatmu tetap sehat dan puas. Lentil, tinggi serat dan juga dikemas penuh dengan vitamin dan mineral penting seperti folat, tembaga, dan zat besi.

Dikombinasikan dengan bawang, tomat, wortel, seledri dan bayam, sup ini dikemas dalam sayuran dan vitamin. Sebagai penutup, akhiri dengan makan jeruk.

Buah yang kaya akan vitamin C ini membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati.

Pilihan menu lainnya yaitu salad dengan isian dada ayam, mentimun, pecan, apel, dan sedikit minyak zaitun serta jus lemon. Kalau kamu vegetarian, bisa ganti ayam dengan buncis.

Ilustrasi salad. (Pixabay/kaboompics)

Makan malam

Cari makanan antara 550 hingga 600 kalori. Sebagai saran cobalah parm ayam yang dilapisi tepung ringan di atas pasta gandum utuh, disajikan dengan saus tomat yang dibubuhi bayam dan atasnya dengan keju parmesan.

Atau kamu bisa menyantap makanan laut, seperti membuat taco ikan buatan sendiri yang disajikan dengan cabai kaya serat, salsa, percikan jeruk nipis, nasi, dan kacang.

Ilustrasi taco ikan. (Pixabay/juliangvm)

Makanan ringan

Kalau kamu ingin sesuatu yang manis, cobalah parfait dengan kefir, pisang cincang, dengan topping granola dan kenari. Atau kamu bisa menyantap kefir.

Kandungan probiotiknya lebih tinggi dari yoghurt dan menjaga usus tetap sehat. Namun, jika ingin camilan gurih, hindari keripik dan coba salad kecil tomat ceri, mozzarella, dan kemangi segar.

Meski saran di atas berasal dari pakar di bidangnya, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum memulai rencana penurunan berat badan untuk memastikannya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan makan makanan seimbang yang penuh protein, serat, dan lemak sehat, kamu akan tetap kenyang lebih lama dan memberi tubuh asupan nutrisi yang dibutuhkan.

BACA SELANJUTNYA

Cara Menjaga Berat Badan Setelah Operasi Bariatrik, Pembedahan yang Dijalani Melly Goeslaw