Jum'at, 19 April 2024
Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 05 Februari 2019 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selasa (05/02/19), Fakultas Kedokteran UGM memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari dengan mengadakan senam bersama dan Talk Show bertajuk World Cancer Day 2019 I Am and I Will.

Acara talk show tersebut menghadirkan sebanyak 9 narasumber dari kalangan dokter dan seorang perawat onkologi. Acara secara garis besar membedah dua sub tema yaitu kanker pada wanita dan kanker lainnya (paru-paru, usus, dan nasofaring).

Kanker pada wanita dibahas secara umum oleh dr. Susanna Hilda H., Ph.D, Sp.PD-KHOM. Dalam tayangan slide show, dokter mengupas bahwa ada beberapa mitos tentang kanker yang selama ini beredar di masyarakat, di antaranya:

1. Tidak bisa disembuhkan

Padahal meskipun ganas, masih ada kemungkinan kanker bisa sembuh.

"Jika dalam dua tahun pertama kanker tidak muncul kembali, kemungkinan besar tidak akan kambuh (bisa sembuh)," jelas dr. Johan Kurnianda, Sp.PD-KD saat sesi tanya jawab dengan peserta.

2. Pengobatan alternatif dapat menyembuhkan

Ini perlu menjadi perhatian serius, pasalnya bukan malah sembuh, obat herbal justru bisa menyebabkan kanker nasofaring. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Camelia Herdini, M.Kes., Sp.THT-KL, FICS., bahwa di China ada obat herbal yang menyebabkan kanker NPC (nasofaring).

Untungnya kejadian tersebut belum pernah terjadi di Indonesia dan semoga tidak akan pernah terjadi.

Begitu pula mengenai pembedahan, terdapat beberapa mitos yang perlu masyarakat terutama penderita kanker ketahui.

Pertama, pembedahan adalah pilihan terakhir ketika semua upaya tidak berhasil, padahal faktanya pembedahan dilakukan jika tumor sudah sangat lanjut baik secara lokal sudah menyerang daerah sekitarnya atau sudah terjadi penyebaran jauh.

Kedua, pembedahan akan menyebabkan tumor ganas cepat membesar dan membuat penyakit semakin memburuk, faktanya pembedahan hanya bisa mengurangi jumlah tumor dan memudahkan perawatan.

Ketiga, banyak tindakan pembedahan dan pembiusan berakhir gagal, itu juga mitos karena keamanan pembiusan dan pembedahan adalah yang utama.

Jadi, sudah saatnya kita melek informasi. Jangan termakan mitos dan selalu tanyakan informasi secara detail pada dokter supaya tidak terjadi kesalahpahaman informasi.

BACA SELANJUTNYA

Dikira Sakit Punggung Akibat WFH, Ternyata Wanita Ini Idap Tumor Sebesar Kepala Bayi