Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 02 Januari 2019 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kue, permen, cookies, merupakan beberapa di antara sekian banyak makanan manis yang bisa membuat lonjakan kadar gula darah jika makan terlalu banyak. Tak hanya itu, mereka juga tinggi kalori yang bisa sebabkan obesitas.

Kalau kamu memang suka makanan manis, sebaiknya kurangi menyantapnya supaya kesehatan tak terganggu. Atau kamu bisa cari alternatif lain dengan menyantap buah-buahan manis.

Pasalnya, manis buah berasal dari fruktosa yang menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara mendadak.

Hal ini karena fruktosa dicerna lebih lambat oleh tubuh dibandingkan dengan sukrosa (jenis karbohidrat yang terdapat dalam gula). Apalagi meskipun manis, konsumsi buah tidak menimbulkan bahya yang serius. Apa saja buahnya?

1. Mangga

Suka manis dan suka mangga, cocok nih buat jadi pilihan karena dalam satu buah mangga mengandung sebanyak 45 gr gula. Meski gula buah itu baik, rendah kalori dan tinggi serat, kamu tetap harus membatasi porsi makannya jika memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau diabetes.

2. Anggur

Secangkir anggur mengandung sekitar 23 gr gula. Tak sebanyak mangga, tapi setidaknya buah ini tidak buruk untuk menjadi pengganti permen manis kesukaanmu.

Anggur. (pixabay/moreharmony)

3. Pir dan Semangka

Buah dengan tekstur renyah dan kaya air ini mengandung sebanyak 17 gr gula (ukuran sedang). Sangat cocok disantap jika kamu butuh sesuatu yang menyegarkan di kala terik matahari menyinari.

Atau kamu bisa menyantap semangka, kandungan gulanya sama dengan buah pir. Apalagi buah merah ini mengandung elektrolit yang bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Itulah buah-buahan yang mengandung gula tinggi. Ingat meski gula buah sehat, jangan berlebihan dalam menyantapnya.

BACA SELANJUTNYA

Gadis 5 Tahun Kena Infeksi hingga Bahayakan Nyawa karena Sering Makan Manis