Selasa, 30 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere : Rabu, 12 Desember 2018 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mulai sekarang, jangan ada alasan untuk tidak mengonsumsi vitamin C setiap hari.

Vitamin C sangat mudah kamu temui, misalnya dalam jeruk, tomat, brokoli atau berri. Asupan harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah dalam kisaran 65 hingga 90 miligram per hari.

Berikut beberapa manfaat kesehatan jika mengonsumsi vitamin C secara rutin.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi vitamin C penting untuk membantu meningkatkan fungsi di berbagai bagian tubuh dan menjaga kekebalan tubuh.

''Vitamin C berkontribusi terhadap pertahanan kekebalan dengan mendukung berbagai fungsi seluler baik sistem imun bawaan dan adaptif,''menurut satu studi yang diterbitkan pada tahun 2017.

2. Efek pelindung selama kehamilan

Wanita yang merokok selama kehamilan meningkatkan risiko kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, sindrom kematian bayi mendadak, cacat, dan masalah lainnya.

Dalam studi yang baru diterbitkan, para peneliti menemukan suplemen vitamin C dapat mengurangi dampak nikotin yaitu membantu melindungi kesehatan paru-paru bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilan.

Namun dengan suplemen, anak akan tetap memiliki risiko lebih besar untuk obesitas, gangguan perilaku, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Vitamin C. (unsplash/@rawpixel)

3. Mengecilkan masalah mata karena faktor usia

Kita tahu bahwa vitamin C adalah antioksidan yang sangat efektif.

Ini berperan dalam meningkatkan kesehatan mata kita dalam banyak hal, seperti menunda degenerasi makula terkait usia, penyakit yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

''Masalah mata seperti katarak bisa diperkecil risikonya jika makan makanan yang kaya vitamin C,'' kata Dr Christopher Hammond, seorang profesor oftalmologi di Kings College London.

Penelitiannya menemukan manfaat vitamin C dalam bentuk diet tetapi tidak dalam bentuk suplemen.

4. Memperbaiki rambut, kuku, dan kulit

Buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat digunakan sebagai masker rambut untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Vitamin C juga dapat meningkatkan energi dan penampilan keseluruhan karena memainkan peran penting dalam penyerapan zat besi dalam tubuh.

Rianna Loving, pendiri merek perawatan kulit organik ORGO Beauty, juga mencatat nutrisi membantu mempertahankan kolagen.

''Vitamin C membantu menjaga kesehatan kuku, memperkuat kulit, jaringan penghubung, tulang, dan dinding pembuluh darah,'' katanya.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati Kebanyakan Suplemen Vitamin C Bisa Picu Batu Ginjal, Ini Sebabnya