Senin, 06 Mei 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Sabtu, 01 Desember 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ada yang menarik di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta. Sejak kemarin tanggal 30 November hingga 1 Desember ada acara Lansia Idola. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Lansia yang diperkenankan ikut minimal berusia 60 tahun dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 50 ribu rupiah. Peserta boleh dari kalangan umum atau pasien rumah sakit.

Di tengah acara, tim HiMedik mendapat kesempatan mewawancarai salah satu peserta lomba bernama Ibu Yayuk Siti Rahayu. Alasannya mengikuti acara ini adalah untuk memberi semangat suaminya yang sedang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

''Saya ikut ini untuk menyemangati suami saya,'' ungkapnya.

Di usianya yang sudah menginjak 67 tahun, tak sedikit pun terlihat lemah atau lelah. Tubuhnya tak terlihat renta. Ia membeberkan bahwa semasa muda sering berolahraga.

Ibu Yayuk salah satu peserta Lansia Idola. (HiMedik/Citra)

''Saya suka berolahraga, bersepeda dan berenang. Kalau bersepeda bisa 4 kali dalam seminggu, keliling 8 desa, sedangkan renang 2 kali. Tidak ada waktu khusus, kapanpun mau ya berolahraga.''

''Kalau makanan saya menghindari sekali seafood seperti cumi dan udang karena meski banyak nutrisinya makanan tersebut juga mengandung kolesterol. Jeroan juga saya hindari.''

''Saya suka sekali makan sayuran, di kulkas selalu ada buah dan sayuran,'' imbuhnya.

Ibu Yayuk bukan satu-satunya lansia yang memiliki semangat tinggi. Hampir seluruh lansia yang menjadi peserta bersemangat dan antusias.

Seperti salah satu pasien yang tangannya sedang digips berikut. Tak ada raut wajah sedih, yang ada hanyalah wajah gembira dan semangat bernyanyi untuk menghibur para penonton yang melihat.

Peserta yang memakai gips. (HiMedik/Citra)

Tak hanya pihak keluarga yang menonton, bahkan para pasien Rumah Sakit Panti Rapih juga ikut menonton. Ada yang ikut bergoyang atau hanya duduk sambil mengambil foto dan menikmati alunan lagu. Sungguh pemandangan yang menenteramkan hati.

BACA SELANJUTNYA

Australia Batasi Vaksin AstraZeneca Hanya untuk Lansia Usia 60 Tahun Lebih