Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 30 November 2018 | 12:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Tak perlu menurunkan berat badan ke ukuran ideal untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang nyata. Bahkan hanya kehilangan 5 persen dari berat badan sudah dapat memperbaiki semua jenis masalah kesehatan dan membuatmu merasa lebih baik.

Menurunkan kadar trigliserida

Trigliserida merupakan partikel di dalam tubuh yang bertugas mengangkut lemak untuk disimpan dan digunakan sebagai energi. Jika kadarnya melebihi 200 mg/dl akan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Meringankan sendi

Kelebihan berat badan sebanyak 10 pon akan menambahkan tekanan pada lutut dan sendi sebanyak 40 pon. Lemak yang berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan.

Mengatasi resistensi insulin

Lemak tubuh, terutama di daerah perut, mengeluarkan bahan kimia yang membuat tubuh berhenti bereaksi terhadap insulin yaitu hormon yang menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

Meskipun pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak insulin, gula darah tetap bisa naik. Namun, sedikit penurunan berat badan dapat membantu mengatasi kondisi ini.

Ilustrasi suntikan insulin. (pixabay)

Menurunkan tekanan darah

Berat badan berlebih membuat darah menekan dinding arteri sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Namun, kehilangan 5 persen saja dari total berat tubuh dapat menurunkan tekanan darah sekitar 5 poin.

Supaya mendapatkan hasil yang optimal imbangi dengan mengurangi garam, makan banyak sayuran, buah-buahan, dan susu rendah lemak.

Meningkatkan kualitas tidur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan tidur cukup dapat membuat seseorang lebih mungkin mengalami obesitas. Sementara itu penelitian lain menunjukkan bahwa kehilangan setidaknya 5 persen dari berat badan dapat membuat tidur lebih baik.

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Suplemen Penurun Berat Badan Tidak Efektif? Begini Kata Ahli Gizi