Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 29 November 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pohon adalah sumber oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernafas. Pohon juga berperan penting dalam menunjang pendidikan karena kayu merupakan bahan baku dalam pembuatan kertas. Dan hari ini, 28 November merupakan Hari Menanam Pohon Nasional.

Begitu banyak manfaat pohon yang diberikan pada manusia. Sayangnya, manusia justru merusak dan mengabaikan kelestariannya.

Mulai dari penebangan pohon secara ilegal, pembakaran hutan, hingga tindakan kecil yang bisa merusak tanaman seperti menginjaknya atau memaku batang pohon. Sangat disayangkan dan sungguh memilukan.

Padahal manfaat pohon sangatlah penting, mereka berperan dalam membersihkan udara dari partikel yang mencemarinya. Terbukti dalam sebuah penelitian dari Departemen Kehutanan AS dan Institut Davey menemukan fakta bahwa pohon yang ada di perkotaan, rata-rata mampu menyelamatkan satu kehidupan di tiap kota setiap tahunnya.

Hutan. (pixabay/Free-Photos)

Ini karena pepohonan membersihkan udara dari partikel kotor. Sementara itu mereka yang tinggal di daerah gersang atau minim pohon rawan terkenan gangguan pernapasan dan jantung.

Hal tersebut terbukti dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Preventive Medicine bahwa banyak kasus kematian terjadi pada mereka yang tinggal di daerah minim pohon akibat penyakit pernapasan dan jantung.

Tak hanya sebagai penyedia udara bersih, pohon juga berperan dalam menyediakan air bersih karena hutan menyediakan sistem penyimpanan dan filtrasi alami. Jadi, bayangkan bagaimana jika kita hidup tanpa pohon?

Selamat Hari Menanam Pohon Nasional. Yuk menaman pohon, supaya bumi tetap sehat dan kita juga sehat.

BACA SELANJUTNYA

Kaya Nutrisi dan Bisa Jadi Obat Alami, Madu Corbezzolo Dinilai Sebagai Madu Paling Berharga di Dunia