Minggu, 31 Mei 2020
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Senin, 12 November 2018 | 17:30 WIB

Himedik.com - Di setiap tahunnya, pada tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Ketua Umum HKN Ke 54 tahun 2018, dr. Siswanto, MHP., DTM., yang juga selaku kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan mengajak semua pihak untuk hidup sehat.

Begitu pula menteri kesehatan, Prof. Dr.dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K)., yang mengimbau masyarakat agar membiaskan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah sebagai salah satu upaya perilaku hidup sehat. Karena menurutnya masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa.

Sayangnya, fakta di lapangan mengecewakan. Menurut hasil riset kesehatan dasar atau Riskesdas 2018 yang baru dirilis Jumat (2/11/2018) ini, tingkat obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat menjadi 21,8 persen yang sebelumnya hanya 14,8 persen di tahun 2013.

Hal ini secara tidak langsung memberikan fakta bahwa tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup sehat kurang, yang ditandai dengan meningkatnya angka obesitas.

Maka dari itu, kamu perlu mengatur pola makan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya ada 7 pola makan yang bisa sebabkan obesitas, yaitu:

1. Menghindari sarapan dan menambah porsi makan siang serta malam
2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, tinggi gula, dan yang diolah dengan cara digoreng
3. Makan berlebihan
4. Sering ngemil
5. Waktu makan sering tidak teratur
6. Makan banyak dalam waktu singkat
7. Kurang makan sayur dan buah

Oleh sebab itu mulai sekarang hindari kebiasaan buruk di atas supaya tubuh terhindar dari obesitas dan tetap sehat. Jika kesulitan menerapkannya, disarankan konsultasi ke ahli gizi atau pakar di bidangnya demi membantu mengatur pola makan.