Kamis, 25 April 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Selasa, 06 November 2018 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Batuk merupakan penyakit yang sering dijumpai. Namun, tak seperti orang dewasa penanganan batuk pada bayi ini tak bisa disamakan. Berikut telah dihimpun cara alami atasi batuk pada bayi.

1. Mengganti atau menghentikan MPASI

Jika si kecil batuk, sebaiknya hentikan dulu pemberian MPASI. Cukup beri si kecil ASI hingga batuknya reda. Atau bunda bisa ganti makanan pendampingnya dengan makanan yang menghangatkan tenggorokan dan meringankan batuk seperti kaldu atau sup ayam.

2. Cukupi cairan tubuhnya

Batuk membuat tenggorokan kering dan gatal. Begitu pula pada bayi. Selalu perhatikan kondisi tubuhnya, jangan sampai si kecil kekurangan cairan.

Selalu tepat waktu beri bayi ASI. Bahkan berikan ekstra ASI supaya si kecil tidak dehidrasi. Bunda juga bisa berikan air putih hangat jika usia bayi sudah bisa menerimanya.

Ilustrasi menyusui. (pixabay)

3. Beri uap

Ketika si kecil batuk, bunda bisa mencoba memberinya uap panas untuk membantu meredakan dan menenangkannya. Caranya, taruh baskom berisi air panas di meja. Gendong si kecil, lalu condongkan badan ke arah baskom. Dengan begitu uap panas akan dirasakan oleh si kecil.

4. Naikkan kepala

Menaikkan kepala bayi ketika tidur dapat membantu melancarkan pernapasannya. Bunda juga bisa mengolesi dada dan telapak tangan serta kaki si kecil dengan minyak esensial untuk menghangatkannya. Dengan begitu tidur si kecil bisa lebih nyaman meskipun sedang batuk.

Demikian empat cara alami obati batuk pada bayi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan jika batuk tak kunjung membaik, segera bawa si kecil ke dokter.

BACA SELANJUTNYA

Es Krim Bisa Bikin Gejala Batuk Tambah Parah? Ini Kata Penelitian