Jum'at, 26 April 2024
Rauhanda Riyantama : Minggu, 14 Oktober 2018 | 08:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ternyata kebiasaan memencet bubble wrap memiliki manfaat yang luar biasa. Meski terlihat sepele, kebiasaan ini dapat melepaskan ketegangan otot sehingga membantu mengurangi perasaan stres. Kok bisa?

Dirangkum dari The Cut, seorang terapis bernama Stephanie Sarkis menyebutkan bahwa melepaskan tekanan pada suatu benda membuat otak menerima peningkatan senyawa kimia dopamin dan norepineprin yang bisa membuat merasa tenang.

Meski terdengar aneh, terdapat penelitian tentang kepuasan memencet bubble wrap ini. Kathleen M. Dillon, profesor psikologi di Western New England College pernah menerbitkan sebuah studi di jurnal Psychological Reports pada awal 1990-an.

Dillon membeberkan penyelidikannya dengan beberapa bobot mengejutkan. Ia mengutip sebuah buku tebal tahun 1970-an tentang kekuatan sentuhan yang menenangkan.

''Di Yunani kuno itu adalah sebuah adat, banyak ditemukan juga di wilayah Asia, untuk membawa batu halus, atau amber, atau batu giok yang kadang-kadang disebut fingering piece yang berfungsi untuk menghasilkan efek ketenangan.'' ungkap Dillon.

Dillon menambahkan, menjaga tangan tetap sibuk dengan proyek-proyek kecil memberi efek relaksasi. Memencet bubble wrap pun mempunyai efek serupa.

Teranyar, Dillon berhasil memperkuat studinya dengan melibatkan mahasiswa sebagai objek penelitian. Hasilnya, mahasiswa terlihat lebih tenang dan segar saat mengambil dua lembar bubble wrap kemudian memencetnya.

Mereka juga melaporkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi daripada kelompok yang tidak diberikan kesempatan memencet bubble wrap.

Mengutip dari teori-teori Robert E. Thayer, seorang psikolog yang mempelajari penjelasan biologis untuk suasana hati, ia berspekulasi bahwa itu berkaitan dengan respons manusia yang sangat alami terhadap stres.

Penjelasannya, ketika orang-orang gugup atau stres biasanya akan membuat gerakan kecil seperti ketukan jari. Hal itu merupakan anxiolytic (pengurang rasa takut) alami yang membawa sebuah sensasi teratur di dalam diri.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Memencet Bubble Wrap Sangat Memuaskan, Ini Penjelasannya

BACA SELANJUTNYA

Meski Lezat, Empat Makanan Enak Ini Disebut Bisa Merusak Suasana Hati!