Sabtu, 20 April 2024
Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Jum'at, 05 Oktober 2018 | 17:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena beta karoten yang terdapat dalam wortel merupakan jenis vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan retina serta bagian mata lainnya.

Padahal selain wortel, ada banyak sayuran lain yang dapat membantu menjaga kesehatan mata lho. Berikut daftarnya.

1. Kacang Almond


Tidak hanya vitamin A, vitamin E nyatanya juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin E dapat melindungi sel mata dari kerusakan.

Tak hanya itu, vitamin E juga dapat memperlambat pembentukan katarak.

2. Telur

Telur mengandung zeaxanthin dan lutein yang mana menurut direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles, bernama Paul Dougherty, MD., kedua antioksidan tersebut baik untuk menurunkan risiko degenerasi makula.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)

Sejalan dengan itu, sebuah penelitian menemukan bahwa suplemen yang mengandung lutein, zeaxanthin, dan meso-zeaxanthin, efektif meningkatkan pigmen makula dan ketajaman optik.

Pigmen makula sendiri penting karena dapat memberikan perlindungan dari pembentukan degenerasi makula.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan antioksidan yang telah terbukti mampu menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Itulah 3 sumber makanan selain wortel yang bagus untuk mata. Nah, bagi kamu yang kurang suka wortel, perbanyak konsumsi makanan di atas supaya kesehatan mata senantiasa terjaga.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Sering Lakukan, 5 Kebiasaan Makeup Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Mata