Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama : Rabu, 03 Oktober 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Mata memang menjadi salah satu bagian tubuh yang paling penting. Lantaran mata memegang peranan penting dalam melakukan berbagai aktivitas manusia.

Namun, siapa sangka jika kebiasaan sepela berikut ini bisa berakibat fatal pada kesehatan mata. Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Membaca pesan atau tulisan di handphone 

Kebiasaan ini dapat mengakibatkan pandangan mata menjadi kabur, mata kering, pusing, dan mual. Maka, sebaiknya istirahatkan mata setelah menatap layar selama 20 menit.

Atur juga ukuran tulisan pada handphone menjadi lebih besar, agar mata tidak susah payah saat membacanya.

2. Menonton televisi di malam hari

Melihat cahaya yang terlalu terang di malam hari dalam kegelapan, merupakan hal yang akan berakibat buruk pada mata. Level cahaya berubah dengan cepat sehingga mata harus beradaptasi dan menyebabkan sakit mata, sakit kepala, mata kering, dan mata merah. Kebiasaan ini juga dapat mengacaukan jam tidur.

3. Tidur masih pakai lensa kontak

Ilustrasi pakai lensa kontak. (unsplash)

Dapat berisiko iritasi mata hingga infeksi, bukan alasan tunggal tidak diperbolehkannya lonsa kontak dibawa tidur. Bahkan, kerusakan permanen juga dapat terjadi jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus.

Kemudian, supaya menjaga kebersihan lensa kontak dengan selalu membersihkan tangan saat mengambil dan meletakkan kembali lensa kontak pada cairan khusus.

4. Kurang tidur

Kebiasaan kurang tidur juga dapat membuat mata berkedut, mata kering, pandangan kabur, hingga rasa sakit. 

Untuk itu, pastikan tidur minimal tujuh jam dalam sehari, dan supaya menjauhkan handphone saat hendak tidur agar tidur menjadi lebih berkualitas.

5. Membaca terlalu dekat dalam keadaan redup 

Mungkin di antara kalian pernah melakukan kerap melakukan aktivitas ini. Maka, dalam membaca sebaiknya mengatur jarak baca 40 - 50 cm, tidak juga dalam kondisi tiduran, baik telentang maupun posisi miring.

Serta pastikan cahaya cukup dan durasi membaca tak berlebihan. Jika kebiasaan ini dilakukan berulang kali dapat berakibat mata menjadi minus.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang berisiko pada kesehatan mata. Semoga bermanfaat!

BACA SELANJUTNYA

Usianya Baru 5 Tahun, Nastusha Anak Chelsea Olivia Sudah Alami Rabun Dekat!