Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Rabu, 03 Oktober 2018 | 09:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selama ini sayuran berdaun hijau gelap menjadi primadona. Selain kaya nutrisi, sayuran hijau terlihat begitu menyegarkan mata.

Padahal ada sayuran merah yang tak kalah 'cantik' dan bergizi dari mereka lho. Tidak percaya? Nih buktinya.

1. Kentang merah

Sudah pernah makan kentang merah? Kandungan nutrisinya yang beragam mulai dari thiamin, vitamin B6, vitamin C, dan kalium tentunya bisa membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Begitu pula dengan kulitnya yang kaya serat dan vitamin, bisa kamu konsumsi sekaligus sehingga manfaat kentang merah dapat kamu rasakan secara maksimal.

Bahkan Academy of Nutrition dan Dietetics menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau, tomat, dan kentang untuk meningkatkan asupan kalium serta menjaga keseimbangan tekanan darah.

Kentang merah. (pixabay)

2. Selada merah

Selada merah mengandung vitamin A, B6, K, dan antioksidan. Tak hanya itu, kandungan air dalam selada merah mencapai sebanyak 95%.

Bahkan menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kandungan nutrisi pada selada merah dapat membantu menghambat penuaan dan melindungi dari serangan kanker.

Selada merah dan hijau. (pixabay)

3. Kubis merah

Sebenarnya warna yang dihasilkan cenderung ungu daripada merah, namun entah mengapa tanaman ini disebut sebagai kubis merah.

Kubis merah. (pixabay)

Anthocyanin dalam kubis merah merupakan antioksidan kuat yang mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, gangguan otak, hingga kanker.

Selain itu, kubis merah juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, kalium, mangan, dan serat.

Nah, itulah tiga sayuran merah yang tak kalah bergizi dari sayuran hijau. Lucu dan menggemaskan ngga nih?

BACA SELANJUTNYA

5 Manfaat Kubis Merah, dari Melawan Peradangan hingga Memperkuat Tulang