Rabu, 15 Juli 2020
Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto : Kamis, 06 September 2018 | 08:45 WIB

Himedik.com - Spider veins merupakan sebutan istilah yang menggambarkan kondisi pembuluh darah yang terlihat. Tak hanya di wajah, kondisi ini juga bisa muncul di area kaki.

Penampakannya seperti sarang laba-laba atau cabang pohon berwarna merah, biru, atau ungu. Polanya mirip seperti varises, tapi lebih kecil dan lebih dekat ke permukaan kulit.

Kemungkinan besar penyebab munculnya spider veins ini adalah adanya pembengkakan dan kerusakan pembuluh darah. Sehingga mengakibatkan pembuluh darah muncul di bawah lapisan paling atas kulit dan menjadi mudah terlihat secara kasat mata.

Namun, ada beberapa penyebab lain yang memungkinan seseorang mengalami kondisi ini. Pertama yaitu keturunan.

Kedua, iritasi bahan kimia, sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih kosmetik. Yang mana kandungan bahan kimianya bisa mengikis kulit sehingga pembuluh darah menjadi terlihat.

Ketiga, cedera yang bisa meninggalkan bekas seperti memar. Jadi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan terlihat.

Spider veins. (Instagram)

 

Selanjutnya rosacea, merupakan kondisi kulit kemerahan dan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan terlihat seperti sarang laba-laba.

Selain itu, kamu juga perlu hati-hati terhadap paparan sinar matahari. Pasalnya paparan sinar matahari berlebih bisa memperbesar pembuluh darah, lapisan kulit terkelupas, menipis, sehingga membuat pembuluh darah terlihat.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja di usia berapa saja. Meski tidak membahayakan, hal ini sangat mengganggu penampilan.

Sebagai tindak pencegahan, agar spider veins tidak muncul kamu bisa menggunakan tabir surya ketika berada di luar ruangan. Selain itu, kamu juga bisa konsultasikan masalah ini pada dokter kecantikan.

BACA SELANJUTNYA

Sering Bermain Ponsel, Pria Ini Alami Stroke Mata Sebelah