Jum'at, 19 April 2024
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Rabu, 05 September 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sakit gigi adalah penyakit yang sebagian besar orang pernah mengalaminya. Benar istilah "lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi", karena sakit gigi memang menyakitkan dan membuat mulut tidak nyaman.

Nyeri pada sakit gigi biasanya bertambah ketika penderita makan makanan yang dingin atau panas.

Penyebab sakit gigi juga bermacam-macam. Seperti anak-anak yang sedang berganti gigi susu ke gigi dewasa. Atau yang biasa terjadi pada remaja, dewasa, hingga orang tua akibat sering makan permen, coklat, gulali, es krim, dan lain-lain.

Tidak hanya makanan, jarang menyikat gigi dan salah menyikat gigi juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Berikut HiMedik mengulas beberapa bumbu dapur yang biasa dicampurkan ke dalam makanan ternyata dapat menyembuhkan sakit gigi.

1. Cengkeh

Selain sebagai penyedap makanan, cengkeh juga dapat menyembuhkan sakit gigi karena memiliki efek anti inflamasi, anti bakteri, dan efek pereda sakit.

2. Bawang putih

Bawang putih mempunyai efek anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan antibiotik.

Caranya dipotong menjadi dua bagian atau sesuai selera, kemudian langsung diletakkan pada gigi yang sakit. Setelah kurang lebih 15 sampai 20 menit, kumur dengan air garam secukupnya.

3. Air garam

Air garam memiliki sifat hipertnik sehingga dapat menghancurkan sel bakteri. Kamu dapat mengaplikasikan garam ke gigi yang sakit atau cukup dengan berkumur saja.

Namun, meski membunuh bakteri, berkumur air garam untuk mengobati sakit gigi tidak dianjurkan dilakukan setiap hari karena bisa menyebabkan pengeroposan gigi.

Cukup berkumur dua sampai tiga kali dalam seminggu.

4. Bawang merah

Bawang merah tidak kalah manfaatnya dengan bawang putih. Bawang merah juga memiliki kandungan anti bakteri dan anti septik yang dapat mengurangi sakit gigi.

Cara penggunaan bawang merah untuk penyembuhan sakit gigi juga sama dengan bawang putih.

Sakit gigimu tak kunjung sembuh? Kamu bisa coba empat cara di atas.

BACA SELANJUTNYA

Gigi Berlubang Tak Boleh Disepelekan, Dokter Ingatkan Hal Ini