Selasa, 30 April 2024
Galih Priatmojo | Krishnayanti C : Selasa, 28 Agustus 2018 | 07:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gatal di area tubuh merupakan hal yang wajar dan dialami setiap orang. Gatal dapat terjadi di area tubuh mana saja seperti tangan, kaki, punggung, perut, bahkan pantat.

Kali ini HiMedik akan membahas penyebab gatal di area pantat. Apakah kamu mengetahui penyebab gatal-gatal di area pantat? Berikut penjelasannya.

1. Kebersihan

Kebersihan menjadi hal utama bagi tubuh kita. Gatal di area pantat atau di daerah perianan (sekitar anus) berhubungan dengan kebersihan kita sendiri.

Salah satunya adalah bagaimana menjaga kebersihan setelah buang air besar. Membersihkan area anus dengan benar sangat penting dan jangan lupa untuk mengeringkannya.

Karena tempat yang lembap akan menjadi tempat pertumbuhan jamur dan bakteri, tidak terkecuali juga dengan pakaian yang kamu gunakan.

2. Kondisi kulit

Ilustrasi (medicalnewstoday)

Beberapa kondisi kulit juga memungkinkan terjadinya gatal. Beberapa diantaranya adalah jamur kulit, eksim, dan psoriasis.

3. Cacing kremi

Cacing kremi adalah salah satu parasit yang paling sering terdapat di tubuh manusia. Biasanya cacing ini menjangkit anak-anak yang masih belum bisa menjaga kebersihan diri dengan baik dan benar.

4. Wasir

Wasir juga dapat menjadi penyebab rasa gatal pada area pantat. Selain itu, gatal pada wasir juga sering disertai rasa perih.

Nah, mulai sekarang jagalah kebersihan diri sendiri dengan baik dan benar ya. Karena sehat berawal dari kebersihan.

BACA SELANJUTNYA

4 Cara Mudah Membentuk Pantat yang Indah Serta Padat Berisi