Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere : Minggu, 26 Agustus 2018 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kentang mungkin tak memiliki reputasi terbaik dalam dunia diet sehat. Menurut para ahli, kerugian dari makan kentang tergantung dari bagaimana makanan ini diproses, misalnya menggoreng dan menambahkan terlalu banyak minyak, garam atau mentega.

Kentang akan menjadi makanan sehat jika diproses dan diolah dengan cara yang sehat serta dalam porsi yang tepat. Dilansir HiMedik dari medicaldaily, kentang akan memberikan sejumlah gizi bagi tubuh.

1. Membantu kurangi tekanan darah

Kandungan potasium yang tinggi dalam kentang yang juga bisa ditemukan dalam kulit sayuran bisa mengurangi risiko tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian, kentang ungu dikaitkan dengan penurunan tekanan diastolik dan sistolik pada mereka yang kelebihan berat badan.

Varietas kentang ini berbeda dengan kentang putih karena kaya anthocyanin dan karotenoid.

2. Membantu kamu merasa lebih kenyang

Menurut Gabrielle Maston, juru bicara untuk Asosiasi Pengamat Australia, kentang yang dikonumsi sebagai bagian dari diet seimbang dapat membantu menginduksi perasaan kenyang.

Kentang. (unsplash)

''Kentang adalah sumber makanan yang baik untuk mengekang nafsu makanmu'', tuturnya.

Kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu tubuh memproses makanan. Ini juga sama dalam kasus ubi jalar.

Ahli diet Lindsay Malone dari Cleveland Clinic, Ohio, mengatakan serat dalam ubi larus dalam usus yang membantu memperlambat pencernaan dan membantu dalam mengelola berat badan.

3. Bermanfaat bagi otak

Jenis sayuran ini adalah sumber terbaik vitamin B6. Satu porsi menengah kentang mengandung hampir 0,37 - 0,60 mg.

Penelitian menunjukkan vitamin B6 memiliki peran dalam perkembangan otak dan dapat memperlambat penurunan kognitif pada lansia.

Kentang juga membantu tubuh melepaskan berbagai hormon seperti serotonin, norepinefrin dan melatonin yang dapat mengatur suasana hati, membantu mengatasi stres dan mendapatkan siklus tidur yang sehat.

4. Energi yang baik untuk para atlet

''Kentang dapat membantu memulihkan keseimbangan elektrolit,'' kata Victoria Jarzabkowski, ahli nutrisi dari Institut Kebugaran Texas di The University of Texas.

''Natrium dan kalium yang ditemukan dalam kulit kentang adalah dua elektrolit penting.''

Varietas manis yang kaya akan vitamin A dianggap sebagai salah satu karbohidrat terbaik bagi individu aktif untuk memenuhi tuntutan energi mereka yang tinggi.

Kandungan potassium juga dapat membantu tubuh mempertahankan tingkat cairan dan menenangkan otot yang sakit.

Manfaat kentang di atas bisa kamu dapat secara utuh tergantung dari bagaimana kamu memprosesnya. Yang perlu kamu ingat adalah mengonsumsi kentang dengan kulitnya ya.

BACA SELANJUTNYA

Awas, Ini 5 Kondisi yang Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung