Minggu, 31 Mei 2020
Galih Priatmojo | Krishnayanti C : Kamis, 23 Agustus 2018 | 13:18 WIB

Himedik.com - Mengupil bukan merupakan hal yang berbahaya. Kegiatan ini jadi berbahaya apabila sering dilakukan.

Mengupil adalah kegiatan membersihkan kotoran pada hidung menggunakan jari tangan. Walaupun kegitan ini menyenangkan, tapi ada beberapa orang berpikir bahwa kegiatan ini jorok dan berbahaya. Apa aja sih bahayanya?

1. Infeksi pada lubang hidung

Infeksi adalah hal yang paling mungkin terjadi akibat mengupil. Karena saat mengupil, pasti kita menggunakan jari tangan. Jika jari tangan tidak bersih dan penuh bakteri, maka bakteri pada jari tangan akan berpindah ke dalam hidung dan menyebabkan infeksi.

2. Menimbulkan bisul di bagian dalam hidung

Bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah Staphylococcus Aureus. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung.

Saat jerawat atau bisul terbentuk di dalam hidung, maka saluran napas akan tersumbat dan mempengaruhi sistem pernapasan.

3. Mimisan

Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Tanpa disadari, saat mengupil, kuku jari tangan melukai bagian dalam hidung sehingga menyebabkan luka dan pendarahan.

Hal ini juga berisiko terjadinya infeksi.

4. Meningitis

Meningitis adalah radang selaput pelindung sistem syaraf pusat. Bila terlalu dalam mengorek saat mengupil, akan menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak.

Ada tulang yang disebut sebagai tulang ethmoid yang memisahkan hidung dan otak. Jika saat mengupil tidak hati-hati, maka akan menusuk tulang ini. Akibatnya cairan di otak bocor dan menyebabkan meningitis.

Maka dari itu, jangan terlalu sering mengupil. Jika ingin mengupil, pastikan jari tangan bersih dari kotoran dan kuku tidak panjang.