Jum'at, 29 Maret 2024
Galih Priatmojo | Krishnayanti C : Kamis, 23 Agustus 2018 | 12:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Anyang-anyangan adalah kondisi di mana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya berhasrat ingin kencing terus-menerus.

Kondisi tersebut ditandai dengan kondisi selalu ingin kencing namun hanya sedikit air kencing yang keluar setiap kali ke kamar mandi. Selain itu, air kencing yang keluar terasa panas dan alat vital terasa sakit dan perih saat mengeluarkan air kencing.

Anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi adanya infeksi saluran kencing atau gangguan ginjal. Lalu, mengapa anyang-anyangan bisa terjadi? Berikut penyebabnya.

1. Kurang minum air putih

Hal paling umum yang menyebabkan anyang-anyangan adalah kurang minum air putih. Dehidrasi menyebabkan tubuh berusaha menurunkan produksi urin, sehingga tidak banyak air kencing yang bisa dikeluarkan.

2. Konsumsi minuman manis dan berwarna

Terlalu sering mengonsumsi beberapa jenis minuman manis dan berwarna seperti teh, kopi, soda, alkohol, dan lain-lain dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih.

3. Sering menahan kencing

Kebanyakan kaum hawa sering menahan kencing entah karena jijik dengan kamar mandinya, takut ke kamar mandi sendirian, atau malas pergi ke kamar mandi. Padahal, kebiasaan menahan kencing ini dapat menyebabkan anyang-anyangan yang kemudian berakibat infeksi saluran kencing.

4. Pengantin baru

Risiko infeksi saluran kencing yang diawali anyang-anyangan lebih besar dialami oleh pengantin baru, karena hubungan seksual meningkat. Dalam kondisi ini, membuat bakteri di sekitar alat vital terdorong masuk ke dalam saluran kencing.

5. Kurang menjaga kebersihan

Kurang menjaga kebersihan alat vital seperti tidak bersih usai buang air atau tidak mengganti celana dalam selama seharian juga dapat menyebabkan anyang-anyangan.

Salah satu solusi paling ampuh untuk menyembuhkan anyang-anyangan adalah perbanyak minum air putih dan jangan terlalu sering konsumsi minuman manis dan berwarna.

BACA SELANJUTNYA

Berapa Kali Harus Buang Air Kecil dalam Sehari? Ketahui Frekuensi Normalnya