Kamis, 02 Mei 2024
Galih Priatmojo | Yuliana Sere : Kamis, 16 Agustus 2018 | 17:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Saat ini, tak sulit untukmu mendapatkan segelas jus. Dengan harga yang relatif murah, kamu dapat mengonsumsi segelas jus buah sehat setiap hari.

Jus memang sehat namun jika pengolahan atau waktu minum yang kurang tepat, kandungan di dalam jus menjadi percuma. Beberapa aturan minum jus harus kamu penuhi agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari jus.

1. Jus bukan pengganti makanan

Konsumsi jus tak membuat lemak dalam tubuh berkurang. Jus hanya mengurangi jumlah air yang ada dalam tubuh. Jika kamu sedang diet, boleh saja kamu mengganti asupan makanan dengan jus namun jangan kamu lakukan setiap hari sebagai pengganti sarapan dan makan siang. Bisa-bisa daya tahan tubuhmu akan melemah.

2. Jangan minum jus asam di pagi hari

Jus memang sangat enak jika diminum pagi hari namun bukan berarti kamu bebas minum jus apa saja ya. Jus dengan kandungan asam sebaiknya dihindari saat pagi hari karena kamu bisa saja sakit perut. Cobalah untuk konsumsi jus pisang, pepaya, apel atau wortel di pagi hari ya.

Jus buah. (Shutterstock)

3. Jus diminum beserta ampasnya

Ampas jus justru sangat bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, ini mengandung banyak vitamin C dan serat yang baik untuk tubuh. Untuk itu, mulai saat ini konsumsi buah beserta ampasnya ya.

4. Jus jangan disimpan dalam waktu lama

Jus dapat bertahan selama 4 jam. Konsumsi jus dalam keadaan dingin dan terhindari dari sinar matahari langsung bisa membantu menjaga vitamin yang ada dalam jus. Usahakan segera konsumsi jus yang baru dibuat ya.

5. Jus dengan tambahan gula, madu atau susu.

Yang harus diperhatikan dari ini adalah kandungan gula yang telah kamu konsumsi hari itu. Jika kamu sementara dalam program diet atau ada masalah dengan kesehatan, sebaiknya kurangi jumlah gula, madu atau susu.

Atau misalnya di hari itu kamu telah mengonsumsi permen, es krim cake atau teh manis, sebaiknya kurangi porsi gula, madu atau susu.

Namun, jika tak ada masalah dengan berat badan, semua itu sah-sah saja. 

Nah sekarang harus diperhatikan ya sebelum mulai minum jus.

BACA SELANJUTNYA

Bahan-bahan Ini Ampuh Mengatasi Jerawat Menurut Dermatolog