Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere : Jum'at, 10 Agustus 2018 | 20:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Menurut survei terbaru, sebanyak 84 persen orang Amerika - 92 persen pria dan 72 persen wanita - melakukan masturbasi. Terlepas dari kenyataan bahwa hampir semua orang melakukan masturbasi, lebih dari setengah (55 persen) tak pernah membicarakannya.

Tindakan menyenangkan diri sendiri ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan, kecantikan hingga bisa membuat kulitmu tampak bercahaya. Bukan hanya itu, masturbasi juga membantu kamu tidur di malam hari.

Dilansir livestrong, berikut lima manfaat masturbasi yang perlu kamu tahu.

1. Manfaat kecantikan

Menurut konselor keluarga terkemuka internasional, Paul Hokemeyer,Ph.D., masturbasi dapat memiliki beberapa manfaat estetika. Ketika mencapai orgasme, tubuh melepaskan sejumlah hormon.

Hormon dopamin dan oksitosin yang dilepaskan tubuh menyebabkan wajah cerah. Ini sama ketika kamu selesai bercinta. Pipimu menjadi merah merona.

Tidur lebih nyenyak. (inlifehealthcare.com)

2. Meningkatkan mood

Selain bikin kulit berseri, kedua hormon tadi bisa membuat suasana hati lebih gembira. Kamu bisa merasa damai dengan diri sendiri dan dunia sekitar.

Dr. Hokemeyer membenarkan pernyataan ini. Bukan hanya itu, masturbasi juga bisa bikin tidurmu lebih nyenyak.

Menurut National Sleep Foundation, orgasme bisa bikin tidurmu lebih nyenyak. Tak hanya melepaskan hormon kortisol yang berhubungan dengan stres, tapi orgasme juga membuat kamu merasa rileks dan mengantuk.

3. Menurunkan risiko kanker prostat

Kanker prostat. (Plant Smart Living)

Sebuah studi 2015 yang dilakukan oleh Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital menyimpulkan peserta yang mengalami ejakulasi lebih dari 21 kali per bulan berada pada risiko 22 persen lebih rendah terkena penyakit ini.

Spesialis kesehatan reproduksi Paul Turek, MD, percaya bahwa itu ada hubungannya dengan tubuh membersihkan diri dari air mani.

4. Membantu mengendalikan hidup

Sejatinya kamu tak bisa mengendalikan orang lain, tempat atau benda. Namun, kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri.

Kamu mampu menciptakan kesenangan untuk dirimu sendiri di dunia yang kacau dan penuh tekanan. “Masturbasi memungkinkan kita untuk keluar dari kekacauan ini dan mendapatkan penguasaan atas tubuh dan emosi kita", ungkap Dr. Hokemeyer.

"Melalui masturbasi, kita dapat meninggalkan semua kekhawatiran di luar pintu dan menemukan kesenangan dalam hubungan yang intim dan aman dengan diri kita sendiri," tambahnya.

5. Penekan nafsu makan

Oksitosin pada dasarnya adalah hormon cinta. Selain membantu tidur nyenyak, pelepasannya selama orgasme dapat mengekang rasa lapar.

Satu studi menemukan ketika kamu melepaskan oksitosin, kamu menjadi kurang termotivasi untuk makan dan lebih termotivasi untuk bereproduksi. Jadi seks dan masturbasi dapat menggantikan makanan!

Nah, sudah tahu kan manfaat tak terduga dari masturbasi?

BACA SELANJUTNYA

Viral DDD Challenge di TikTok, Hati-hati Dampak Keseringan Masturbasi!