Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere : Jum'at, 10 Agustus 2018 | 19:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Ketika si buah hati demam, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meredakan demamnya tanpa menggunakan obat dokter.

Apalagi jika di rumah obat seperti acetaminophen atau ibuprofen tak tersedia. Beberapa metode sederhana ini dapat kamu coba. Namun, jika suhu tubuh bayi sudah cukup tinggi atau dalam beberapa jam tak kunjung turun, kamu langsung membawanya ke dokter.

Dilansir babycenter, cara-cara di bawah ini bisa kamu coba ketika bayi mengalami demam.

1. Letakkan kain lap dingin dan lembap di dahi bayi ketika ia sedang istirahat.

2. Gunakan air hangat di bak mandi atau gunakan spon saat ingin memandikan bayi. Saat air menguap dari kulitnya, tubuh akan secara otomatis menurunkan suhunya.

Lap bayi menggunakan lap air hangat. (livestrong)

Jangan gunakan air dingin ya. Itu bisa membuatnya menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik. Juga jangan gunakan obat seperti alkohol yang biasa digosok karena bisa menyebabkan lonjakan suhu bahkan keracunan alkohol.

3. Beri makanan dingin pada sang buah hati seperti es atau yogurt untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam. Ini juga bisa membuatnya tetap terhidrasi.

4. Gunakan kipas angin. Jangan langsung mengarah ke tubuh bayi tapi dengan setelan yang rendah, biarkan angin mengarah ke tembok atau ke udara.

5. Jangan pakai pakaian tebal. Bayi bisa lebih panas jika kamu mengenakan pakaian tebal padanya. Gunakan pakaian satu lapis yang tipis. Jika ia menggigil, beri dia selimut sampai ia merasa hangat lagi.

Bayi demam. (livestrong)

6. Tetap berada di ruangan yang dingin. Jika kamu berada di luar, tetap berada di tempat yang teduh.

Hubungi dokter jika bayi mengalami demam di saat umurnya kurang dari 3 bulan. Jika demam disertai dengan gejala seperti kesulitan bernapas, bintik-bintik ungu di tubuh, segera konsultasikan ke dokter juga ya.

BACA SELANJUTNYA

Minum Air Rendaman Kayu Manis, Bisa Atasi PCOS hingga Kram Menstruasi