Selasa, 23 April 2024
Rauhanda Riyantama : Senin, 06 Agustus 2018 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Pada musim pancaroba seperti saat ini, cuaca kerap tak menentu. Siang hari cuaca panas terik, tetiba malam hari berubah jadi hujan lebat.

Tentu kondisi tersebut rawan membuat orang terserang influenza atau biasa disebut sakit pilek. Penyakit yang disebabkan virus influenza ini gampang menular, bisa melalui batuk, bersin, bahkan jabat tangan dari orang yang terinfeksi.

Memang flu bisa dikatakan penyakit yang tidak berbahaya. Namun, penyakit ini sangat mengganggu aktivitas.

Virus ini menyerang seseorang saat kekebalan tubuhnya rendah. Berikut cara mudah menanggulangi flu.

1. Minum air putih

Langkah ini sebenarnya sederhana, akan tetapi sering diremehkan. Padahal khasiat untuk menyembuhkan flu sangat manjur. Sebagai inovasi, camourkan air putih dengan sedikit jeruk nipis untuk melegakan hidung yang tersumbat.

2. Mengonsumsi sup ayam

Sup ayam. (arwini.com)

Perlu diketahui, bahan-bahan untuk membuat sup ayam mengandung zat anti radang yang mampu mencegah virus ke saluran pernapasan. Uap hangat sup juga mampu melancarkan rongga hidung.

3. Mandi air hangat

Uap dari air hangat mampu melegakan hidung yang tersumbat dari phlegm (Zat patologis yang disebabkan gangguan cairan tubuh. Phlegm berwujud dapat dilihat, dirasakan, dan didengar seperti dahak serta penyakit kelenjar).

4. Gerakan tubuh

Ilustrasi jalan kaki. (huffingtonpost)

Saat flu biasanya orang akan malas untuk bergerak. Hal itu dikarenakan kepala yang pusing dan badan yang masih tidak enak. Cobalah untuk tidak berdiam diri. Tak perlu harus olahraga mengangkat beban berat, cukup berjalan kaki selama 20 menit untuk memberikan energi tambahan dan merangsang pernapasan.

5. Multivitamin

Umumnya, saat flu akan kehilangan nafsu makan karena saluran pernapasan yang tersumbat. Pada saat flu, jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh cenderung menurun, terutama magnesium dan zinc.

Maka diperlukan adanya tambahan asupan multivitamin mineral dari luar, seperti Theragran-M, yang mengandung multivitamin dan mineral yang lengkap, termasuk magnesium dan zinc. Kandungan tersebut berperan dalam mengembalikan, meningkatkan, dan mempertahankan daya tahan tubuh serta mempercepat proses pemulihan dari sakit.

BACA SELANJUTNYA

Penelitian Temuan Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan Hidup di Permukaan