Jum'at, 10 April 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 08 Februari 2020 | 19:00 WIB

Himedik.com - Wabah virus corona yang sudah merenggut nyawa lebih dari 600 orang bisa menyerang siapa pun dari segala usia, termasuk anak-anak.

Orangtua pastinya khawatir jika virus mematikan ini menyerang anak-anaknya tanpa tanda dan terjadi dalam waktu dekat. Apalagi virus corona ini belum ada vaksinnya.

Blog Kesehatan Harvard dilansir oleh Medical Daily, pun membagikan sejumlah tips untuk mencegah Anda dan keluarga terinfeksi virus corona, antara lain:

1. Pastikan semua orang di rumah selalu mencuci tangan

Cuci tangan menggunakan air dan sabun selama 20 detik telah diakui bisa melindungi diri dari infeksi virus corona. Cucilah tangan sebelum dan setelah makan, setelah berpergian di tempat umum maupun setelah menjenguk orang yang terinfeksi.

Ilustrasi penanganan Virus Corona di RS Margono Soekardjo di Purwokerto pada Senin (3/2/2020). [Suara.com/Anang Firmansyah]

Beri tahu anak agar tidak menyentuh mulut, mata dan hidung, kecuali Anda berani memastikan tangannya besih.

Lebih baik, menyeka mulut dan hidung anak-anak menggunakan tisu. Setelah itu, segera buang bekas tisunya agar tidak menyebarkan virus.

3. Lakukan kebiasaan sehat

Aktivitas sehat seperti olahraga, diet sehat dan cukup tidur di malam hari bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anak Anda kuat.

4. Pastikan anak Anda telah menerima vaksin flu

Jika anak Anda sudah pernah menerima vaksin flu, masih ada kemungkinan bahwa daya tahan tubuhnya akan lebih kebal terhadap virus corona.

5. Ajari anak tak sembarangan menyentuh benda atau fasilitas di tempat umum.

Anak kecil cenderung memiliki rasa ingin tahu besar dan suka memegang apapun di ruang publik. Tetapi, lebih baik jangan biarkan anak menyentuh barang umum sembarangan.

Jika tidak, Anda bisa memintanya untuk memakai sarung tangan untuk menurunkan risiko penularan virus corona Wuhan.