Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C : Senin, 17 September 2018 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Makanan merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya sembarang makanan, kandungan nutrisi dalam makanannya harus memenuhi karbohidrat, protein, dan sayur agar tumbuh kembangnya baik.

Tak jarang anak yang susah makan karena pilih-pilih makanan atau belum beradaptasi dengan makanan yang baru ia kenal. Namun, jangan khawatir, berikut tips supaya anak makan dengan lahap.

1. Jadikan dirimu sebagai contoh

Kebiasaan yang dimiliki anak pasti karena meniru dari orangtuanya. Selain menyediakan makanan yang sehat, juga harus menunjukkan bahwa kamu bukan pemilih makanan dan akan menghabiskan makanan yang tersedia di piring.

2. Sajikan menu sehat yang bervariasi

Ilustrasi. (bubhub)

Berbagai hal yang membuat anak sulit makan, seperti bentuknya kurang menarik, baunya tidak disukai, atau kurang enak di lidahnya.

Kamu bisa membuat variasi makanan untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya, nasi goreng sayur dicetak dengan bentuk kepala beruang. Jika tidak suka sayur, kamu bisa membuat dimsum bayam atau perkedel wortel dan kentang.

3. Buat waktu makan jadi menyenangkan

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan, seperti makan bersama keluarga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Tidak perlu memaksa anak untuk menghabiskan makan, karena hal ini membuat anak malas makan.

Kamu juga bisa mengajak anak untuk membantu memasak, seperti memotong sayuran, mencuci, dan lain-lain.

Nah, dicoba di rumah ya Moms!

BACA SELANJUTNYA

6 Makanan yang Baik untuk Otak, Berikut Rekomendasinya