Senin, 29 April 2024
Shevinna Putti Anggraeni : Rabu, 22 Juni 2022 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kiki Fatmala baru saja didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4, tetapi dirinya mengaku tidak merasakan gejala apapun.

"Itu kanker paru stadium 4 nggak ada gejala sama sekali," kata Kiki Fatmala di program Pagi Pagi Ambyar yang tayang pada Selasa (21/6/2022).

Kiki Fatmala baru tahu menderita kanker paru-paru setelah menjalani medical check up tahunan. Ia pun terkejut ketika dokter menyatankan kanker paru-paru yang dideritanya sudah stadium 4.

"Biasanya kata dokter kalau sudah stadium batuk keluar darah. Ini nggak. Terus nggak sesak sama sekali. Nggak ada tanda-tanda sama sekali," imbuhnya lagi

Kanker paru-paru merupakan kanker yang terbentuk di paru-paru dan salah satu jenis kanker yang paling umum di Indonesia.

Fakta Kiki Fatmala(Instagram/@qq_fatmala)

Kanker paru-paru termasuk penyakit yang diam-diam mematikan. Tingkat keparahan gejala kanker paru juga berbeda.

Umumnya dilansir dari Hello Sehat, kanker paru-paru tidak menunjukkan gejala apapun pada stadium awal. Tetapi, gejala kanker paru-paru mungkin termasuk beberapa hal ini.

  1. Darah dalam dahak
  2. Suara serak
  3. Kehilangan selera makan
  4. Masalah dalam menelan
  5. Kehilangan berat badan
  6. Batuk yang tidak hilang atau semakin buruk
  7. Nyeri dada
  8. Peradangan atau sumbatan di paru-paru
  9. Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening dalam dada di daerah paru-paru

Kanker paru-paru lebih sering mungkin akan menunjukkan gejala berupa sesak napas, batuk darah, nyeri, cairan di dada dan metastasis ketika kanker sudah menyebar ke bagian lain.

Pada kondisi ini, kanker paru-paru ini bisa menyebabkan komplikasi fatal. Karena itu, deteksi dini gejala kanker aru akan membantu engobatan yang lebih baik dan cepat.

BACA SELANJUTNYA

Dua Anak Idap Kanker Paru-Paru setelah Hirup Sel Kanker Ibunya saat Lahir