Minggu, 28 April 2024
Rosiana Chozanah : Rabu, 05 Januari 2022 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Kolin, yang ditemukan di dalam kuning telur serta sayuran, umumnya tidak ada dalam sebagian besar vitamin prenatal atau ibu hamil. Sementara lebih dari 90% ibu hamil kekurangan asupan nutrisi satu ini.

Padahal, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kolin bermanfaat dalam perkembangan kemampuan kognitif sang anak.

Sebuah studi yang menguji ibu hamil hingga mengawasi anak-anak mereka setelah dilahirkan menunjukkan asupan kolin prenatal meningkatkan kecepatan pemrosesan informasi pada anak-anak.

"Dengan menunjukkan adanya efek menguntungkan dari konsumsi suplemen kolin yang bertahan hingga masa kanak-kanak, temuan ini menggambarkan peran kolin dalam memprogram perkembangan kognitif anak ketika belum dilahirkan," jelas penulis senior Richard Canfield, dilansir Eurekalert.

Ilustrasi ibu hamil (Shutterstock)

Selain itu, anak-anak yang sudah berusia 7 tahun ini juga tampil lebih baik dalam tugas menantang yang membutuhkan perhatian terus-menerus.

Menurut Cafield, kemampuan untuk mempertahankan perhatian dalam situasi menantang sangat penting untuk hampir semua bidang kinerja kognitif.

"Dampak dari peningkatan perhatian yang berkelanjutan kemungkinan besar," sambungnya, dilansir dari Eurekalert.

Di sisi lain, sebuah studi yang terbit di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa ibu hamil yang memenuhi kebutuhan kolin memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi pada ASI yang diproduksinya.

BACA SELANJUTNYA

Olahraga Ini Sangat Direkomendasikan untuk Ibu Hamil, dari Pilates hingga Berenang