Selasa, 30 April 2024
Yasinta Rahmawati : Sabtu, 31 Juli 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Banyak perempuan mengalami situasi sulit di hari pertama maupun kedua menstruasi karena nyeri haid ataupun kram perut.

Tentu saja, setiap perempuan ingin mengalami periode menstruasi yang lancar tanpa kram ataupun keluhan lainnya. Untuk itu, coba kamu lakukan 7 tips berikut agar menstruasi lancar dan bebas dari kram, seperti melansir dari Bright Side.

1. Kaus kaki panas
Jika kram terlalu parah untuk ditanggung, gunakan botol atau kaus kaki panas buatan sendiri yang diisi dengan nasi dan di-microwave selama beberapa menit.

2. Gunakan celana dalam menstruasi
Hari pertama menstruasi biasanya volume darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Jika Anda tak yakin pembalut mampu menahannya, Anda bisa menggunakan celana dalam menstruasi yang dapat membantu mencegah kebocoran.

3. Konsumsi makanan kaya kalium
Makanan kaya kalium diketahui dapat membantu mengatasi kram, membuat hari pertama menstruasi menjadi lebih mudah bagi Anda. Apa yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan kalium? Makan saja pisang sebanyak yang Anda mau!

4. Stop camilan asin
Camilan asin hanya akan memperburuk kram dan pembengkakan yang Anda alami selama menstruasi. Stop camilan asin, dan ganti dengan buah-buahan dan makanan tawar.

5. Nol kafein
Kafein membuat kram Anda semakin parah. Jadi, hindari kopi sama sekali. Anda bisa menggantinya dengan teh herbal atau air putih hangat.

6. Obat penghilang rasa sakit
Ketika kram tak kunjung hilang, dan beragam cara yang sudah Anda lakukan tidak juga membantu, obat penghilang rasa sakit bisa menjadi penyelamat.

7. Lakukan yoga
Jika Anda lebih suka menghindari obat penghilang rasa sakit, maka berolahragalah. Yoga adalah salah satu pilihan terbaik selama menstruasi. Ini membantu Anda untuk rileks dan bermeditasi, sehingga membantu meredakan kram.

(Suara.com/Vania Rossa)

BACA SELANJUTNYA

Mitos atau Fakta, Sering Minum Air Dingin dan Soda Bisa Buat Menstruasi Terhambat?