Minggu, 28 April 2024
Fita Nofiana : Sabtu, 24 Juli 2021 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Gatal pada vagina memang bikin tak nyaman di mana sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur atau eksim.  Terkadang gatal dan kekeringan disertai dengan kemerahan dan pembengkakan di dalam dan sekitar vagina. Untuk menghentikan gatal pada vagina, Anda perlu menjaga kebersihan vagina yang tepat. 

Melansir dari Times of India, berikut beberapa pengobatan rumahan yang dapat meredakan gejala gatal pada vagina, antara lain:

1. Yogurt dan madu

Sifat prebiotik yoghurt membantu dalam mengobati gatal dan terbakar pada vagina. Yogurt bila dikombinasikan dengan madu dapat membantu dalam dua cara pertama, sifat anti-inflamasi madu dan efek menenangkan dari yogurt membantu Anda menghilangkan iritasi.

Kedua, senyawa probiotik dalam yogurt dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan bakteri, mengurangi risiko infeksi jamur dan infeksi bakteri.

Ilustrasi mengonsumsi yogurt, salah satu makanan yang mengandung probiotik. (Sumber: Shutterstock)

Anda dapat mencampur yogurt dan madu dan mengkonsumsinya sekali sehari untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina. 

2. Bilas dengan cuka sari apel

Sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dari cuka sari apel bekerja sangat baik dalam mengurangi rasa gatal dan terbakar pada vagina. Ini menyeimbangkan pH vagina dan kulit dab juga membantu dengan menyeimbangkan flora vagina.

Anda bisa minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air atau bisa menambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke bak mandi Anda. Jangan menggunakannya tanpa dilarutkan karena dapat menyebabkan buring yang parah.

3. Minyak pohon teh

Sifat anti-jamur, antibakteri dan anti-virus dari minyak pohon teh (tea tree oil) membuatnya efektif untuk mengobati rasa terbakar dan gatal pada vagina.

Ambil 2 hingga 3 tetes minyak pohon teh di jari-jari Anda dan oleskan ke kulit luar vagina Anda. Hal ini akan membantu membunuh ragi apa pun.

Tea Tree Oil. (Shutterstock)

4. Kompres dingin

Jika Anda merasa terlalu gatal, kompres dingin dapat meredakannya secara instan. Kompres dingin membantu dengan mematikan rasa gatal, sehingga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Ambil beberapa es batu dan bungkus dengan kain katun bersih. Tempatkan kompres es di area yang gatal selama beberapa menit. Anda dapat mengulangi ini 3 hingga 4 kali sehari.

BACA SELANJUTNYA

Kondom Tertinggal di Vagina Setelah Seks, Apa yang Harus Dilakukan?