Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Kamis, 06 Mei 2021 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Perempuan karir sering kali mengalami beban ganda, yakni mencari uang dan mengurus keperluan domestik. Hal ini yang membuat perempuan seharusnya mendapatkan waktu dan perhatian lebih untuk diri sendiri.

Melansir dari Healthshot, berikut 6 tips tetap sehat untuk perempuan bekerja, baik secara fisik maupun mental, antara lain:

1. Berlatih perhatian

Pikiran Anda memengaruhi kesejahteraan psikologis Anda. Jadi Anda perlu melatih diri untuk menjaga kesehatan mental. Dalam hal ini, mulailah hari Anda dengan 20 menit yoga dan meditasi. Upaya tersebut dapat membantu Anda mengurangi stres, membangun kekuatan emosional, dan meningkatkan pernapasan Anda.

2. Tetap pada pola makan sehat

Makan dengan baik dan memperhatikan asupan gizi Anda adalah aturan dasar perawatan diri. Ketika Anda merasa rendah diri, stres, cemas, atau lelah, isi bahan bakar tubuh Anda dengan memakan makanan yang seimbang dan minum banyak air untuk meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis.

3. Cobalah bersantai dengan musik

Memainkan musik yang menenangkan membantu merangsang perasaan relaksasi. Terapi musik membantu orang mengatasi kebutuhan fisik dan emosional.

4. Jaga pola tidur

Tubuh Anda membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur setiap hari. Hal ini membantu untuk menyegarkan pikiran dan memberi energi pada tubuh Anda untuk bekerja secara efisien.

Ilustrasi tidur nyenyak (Pixabay/xiangying_xu)

5. Beristirahatlah dari tempat kerja dan bersantai

Setiap kali Anda benar-benar stres karena bekerja, maka istirahatlah sesekali. Istirahat dari jadwal bekerja Anda dapat membantu mengurangi stres, memulihkan kesejahteraan fisik dan mental Anda.

6. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman

Gunakan media sosial dan alat virtual lainnya untuk berbicara dengan keluarga dan teman-teman Anda. Tetap terkoneksi adalah kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. 

BACA SELANJUTNYA

Kekerasan Emosional Dapat Menyebabkan Depresi dan Rendahnya Harga Diri