Jum'at, 19 April 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Jum'at, 05 Maret 2021 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa waktu lalu, Nia Ramadhani sempat didiagnosis kekurangan zat besi atau iron ketika check up di Amerika. Dokter mengatakan bahwa kekurangan zat besi ini berkaitan dengan beberapa keluhan medis Nia Ramadhani.

"Jadi, kemarin pas di Amerika itu dia sempat kontrol, check up. Nah, dokter di Amerika ini sudah bilang kalau iron dia ini bermasalah. Iron dia itu benar-benar jauh di bawah standar dan saturasinya jelek banget," ujar Theresa Wienathan, asisten pribadi Nia Ramadhani dalam tayangan Youtube Nyonya Bos Trans TV, kemarin Senin (1/3/2021).

Theresa mengatakan kurangnya zat besi ini membuat Nia Ramadhani mudah lelah, berpikirnya yang lambat hingga penglihatannya kabur.

"Jadi, selama ini dia pikir itu silinder, mungkin ada juga silinder. Tapi, ternyata si iron ini mempunyai dampak yang sangat besar dalam penglihatan," jelasnya.

Zat besi adalah nutrisi penting dalam tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Sayangnya, dilansir dari Hellosehat, tubuh tidak bisa menghasilkan zat besi secara alami kalau tidak dari makanan atau suplemen.

Nia Ramadhani [Instagram]

Kekurangan zat besi pun bisa menyebabkan sejumlah komplikasi serius jika tak ditangani dengan baik, antara lain:

1. Masalah jantung

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Jantung harus memompa lebih banyak darah untuk mengimbangi kekurangan oksigen dalam darah.

Akibatnya, kondisi ini bisa menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung. Karena itu, kekurangan zat besi akan memicu masalah jantung.

2. Masalah kehamilan

Ibu hamil juga rentan mengalami kekurangan zat besi. Jika tak ditangani baik, kekurangan zat besi selama kehamilan akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

3. Masalah pertumbuhan

Bayi dan anak-anak yang kekurangan zat besi bisa mengalami masalah proses pertumbuhan. Selain itu, kekurangan zat besi juga menyebabkan anak-anak jadi rentan terkena infeksi.

BACA SELANJUTNYA

Lindungi Tubuh dari Virus Corona Covid-19, Minum Suplemen Tambahan Ini!