Senin, 30 November 2020
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Minggu, 11 Oktober 2020 | 19:30 WIB

Himedik.com - Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa frekuensi berhubungan seks ternyata bisa berdampak baik pada kesehatan, salah satunya mengatasi batu ginjal wanita.

Olahraga lari-larian saja bisa membantu meningkatkan peluang mereka untuk menghilangkan batu ginjal secara spontan lebih dari setengahnya.

Sehingga berhubungan seks tiga sampai empat sesi per minggu bisa membantu sebagian besar wanita mengatasi masalah batu ginjalnya dalam 2 minggu.

Studi tersebut juga menemukan batu ginjal yang lebih besar bisa keluar tanpa bantuan setelah 4 minggu berhubungan seks.

Dilansir dari The Sun, para ahli berpikir bahan kimia yang dilepaskan saat berhubungan seks dan orgasme bisa meningkatkan kontraksi otot-otot utama. Hal itu yang membantu mengeluarkan batu ginjal.

Ilustrasi batu ginjal. (Shutterstock)

Penelitian terhadap 70 wanita yang memiliki batu ginjal dalam saluran kemih, separuhnya diminta berhubungan seks 3 sampai 4 kali seminggu selama sebulan.

Dua minggu kemudian, 80 persen orang yang sering berhubungan seks bisa mengatasi batu ginjalnya. Lalu, hanya 51 persen yang menghindari berhubungan berhasil sembuh dari batu ginjal.

Penemuan Avrasya University di Turki mengenai keterkaitan hubungan seks dengan masalah batu ginjal itu dipublikasikan di jurnal International Urology and Nephrology.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pria yang berhubungan seks tiga hingga empat kali seminggu juga lebih mungkin mengeluarkan batu ginjalnya.

Sekitar satu dari sepuluh orang Inggris akan mengembangkan batu ginjal yang dibuat oleh timbunan garam kalsium. Batu ginjal ini bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan infeksi atau kerusakan ginjal.

BACA SELANJUTNYA

Jangan Asal Curiga, Berikut 4 Alasan Suami Ogah Berhubungan Intim!