Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Sabtu, 10 Oktober 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Langkah mencegah penyebaran virus corona Covid-19 termasuk memakai masker setiap keluar rumah, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan secara teratur.

Tapi, kebiasaan penting ini sering terlupakan atau tidak tepat dilakukan. Sebuah penelitian pun menemukan wanita lebih cenderung mengikuti langkah-langkah ini dengan baik daripada pria.

Para peneliti di New York University dan Yale University telah memeriksa data survei, observasi jalan dan analisis pergerakan smartphone untuk mencapai kesimpulan penelitiannya.

Mereka menemukan wanita tidak hanya lebih baik dalam mengambil tindakan pencegahan, tetapi mereka juga lebih mungkin mendengarkan saran para ahli.

Survei terhadap 800 orang menemukan wanita lebih cenderung menerapkan jarak fisik, tinggal di rumah, sering mencuci tangan dan lebih jarang bergaul dengan temannya daripada pria.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Tapi dilansir dari CNN, perilaku ini juga tidak selalu akurat atau mewakili perilaku sebenarnya. Sehingga para peneliti juga melihat pejalan kaki yang mengenakan masker di 3 lokasi berbeda di Amerika Serikat.

Mereka menemukan bahwa 55 persen wanita memakai masker dengan benar dibandingkan pria yang hanya 38 persen. Mereka juga mengamati 127 wanita dan 173 pria pada 4-5 Mei 2020.

Dalam ketiga studinya, mereka mengukur jarak sosial antara orang. Lalu, mereka mengungkapkan data GPS dari 15 juta handphone untuk melacak keseluruhan pergerakan dan kunjung ke tokok yang kurang penting, seperti salon dan toko bunga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah dengan persentase laki-laki lebih tinggi menunjukkan penerapan jarak sosial yang relatif tidak berjalan sesuai aturan.

Bahkan perbedaan ini semakin jelas ketika para peneliti memperhitungkan kasus virus corona dengan melihat karakteristik demografis, pendapatan, pendidikan dan profesi.

Pada banyak hal, peneliti menemukan wanita mencuci tangan lebih baik daripada pria. Tinjauan tahun 2016 yang mengamati penelitian dari lusinan negara berbeda menemukan bahwa 50 persen wanita lebih menjalani protokol kesehatan yang sesuai saran daripada pria.

"Penelitian sebelum pandemi pun menunjukkan wanita lebih sering mengujungi dokter untuk memeriksa kesehatan berkala. Artinya, mereka lebih mengikuti rekomendasi dokter daripada pria," kata Irmak Olcaysoy Okten, seorang peneliti postdoctoral di Departemen Psikologi Universitas New York.

Selain untuk diri sendiri, wanita juga lebih memerhatikan kebutuhan terkait kesehatan orang lain. Jadi, tak mengherankan bila kecenderungan ini terlihat selama pandemi virus.

BACA SELANJUTNYA

Hati-hati, 7 Perubahan ini Pada Kuku Bisa Jadi Gejala Virus Corona Covid-19