Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana : Selasa, 21 April 2020 | 14:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Selamat Hari Kartini! untuk tetap menjadi perempuan setangguh Kartini, tentu kesehatan menjadi hal yang perlu senantiasa dijaga. Oleh karena itu, Anda harus mengenali beberapa risiko penyakit yang bisa menyerang kondisi kesehatan perempuan

Dilansir dari Everyday Health, berikut adalah beberapa penyakit rentan dialami perempuan yang perlu Anda ketahui untuk mengurangi risikonya.

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi penyakit nomor satu yang rentan dialami oleh perempuan. Penyakit jantung menyumbang sekitar 27 persen dari semua kematian perempuan Amerika, hampir 500.000 perempuan setiap tahunnya.

Namun hanya 13 persen orang Amerika yang tahu betapa berisikonya penyakit jantung. Untungnya, ada banyak perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menangkal penyakit jantung, seperti tidak merokok, mengikuti diet yang ramah jantung, dan aktif secara fisik.

Ilustrasi kesehatan jantung perempuan. (Shutterstock)

2. Kanker

Kanker menjadi ancaman kedua paling berbahaya kedua bagi kesehatan perempuan, menyumbang 22 persen kematian perempuan dan membunuh hampir 270.000 perempuan di Amerika Serikat setiap tahun.

Kategori kanker paling banyak adalah kanker paru-paru di mana memakan korban 70.000 per tahun. Kanker paru-paru biasanya disebabkan karena merokok. Sementara ketegori kedua adalah kanker payudara.

Untungnya, pilihan gaya hidup dapat membantu mencegah setidaknya sepertiga dari semua kanker, sehingga Anda dapat mengurangi risiko dengan mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat.

3. Stroke

Stroke menimbulkan risiko yang signifikan terhadap kesehatan perempuan di Amerika Serikat. Ini tidak hanya bertanggung jawab atas hampir 8 persen dari semua kematian perempuan, tetapi juga merupakan penyebab utama kecacatan jangka panjang di Amerika Serikat.

Melansir dari Everyday Health, perempuan lebih sering dipengaruhi oleh kondisi ini daripada pria, hampir 55.000 lebih perempuan mengalami stroke setiap tahun. Sekitar 60 persen dari jumlah total kematian akibat stroke terjadi pada perempuan.

Ilustrasi stroke ringan (Foto: shutterstock)

4. Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer, kelainan otak progresif, degeneratif, bertanggung jawab atas sekitar 4 persen dari semua kematian perempuan di Amerika Serikat setiap tahun.

Lebih dari setengah dari 4,5 juta orang Amerika yang hidup dengan kondisi alzhaimer adalah perempuan. Mereka juga lebih berisiko meninggal daripada laki-laki.

Meskipun Alzheimer dimulai dengan pelupa dan kebingungan yang sederhana, Alzheimer pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan mental yang ireversibel.

5. Diabetes

Tiga persen dari semua kematian perempuan di Amerika Serikat dilandasi dengan diabetes. Penyakit diabetes merupakan masalah kesehatan perempuan yang serius dan suatu kondisi yang mempengaruhi hampir 26 juta orang Amerika.

Sekitar 12,6 juta dari mereka adalah perempuan berusia 20 tahun atau lebih, tetapi hampir seperempat dari mereka belum didiagnosis.

BACA SELANJUTNYA

Banyak Dialami Perempuan, Masalah Kesehatan Ini Sering Diabaikan