Jum'at, 26 April 2024
Yasinta Rahmawati : Selasa, 04 Februari 2020 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Seorang ibu dua anak dari Rusia memiliki dua kista besar berisi rambut yang berhasil diangkat dari ovarium. Wanita berusia 30 tahun itu pergi ke rumah sakit usai menderita sakit perut yang tak biasa.

Dokter mengatakan beberapa helai rambut memiliki panjang lima inci, dengan kista di setiap ovarium yang beratnya 4 ons (113 gram).

Pertumbuhan kista tersebut kemudian diketahui merupakan kista dermoid, yang terbuat dari sel reproduksi yang dapat berubah menjadi berbagai jaringan manusia seperti rambut, kulit dan bahkan gigi.

Dilansir dari Daily Mail, kista dermoid adalah bentuk yang sangat jarang dari kista ovarium, yang umum pada wanita dan kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri panggul dan kembung.

Kista dermoid berkembang dari sel-sel embrionik yang tinggal dalam semacam limbo perkembangan setelah kelahiran seseorang.

Untuk alasan ini, sel-sel memiliki semua yang mereka butuhkan untuk berubah menjadi salah satu dari beberapa jenis jaringan di kemudian hari.

Ilustrasi sakit perut. (Shutterstock)

Dr. Tatania Shavrak, yang mengoperasi wanita Rusia di Kolomna Perinatal Center, dekat Moskow, mengatakan bahwa kista dermoid adalah tumor ovarium yang bukan kanker.

"Mereka adalah kapsul dengan dinding agak tebal yang terdiri dari lendir yang dicampur dengan berbagai jaringan manusia," ujarnya.

"Di dalam kista kita menemukan lapisan atas kulit, lemak, rambut, tulang, dan bahkan gigi kita," tambahnya lagi.

Untungnya kista berhasil dihilangkan hanya dengan sayatan kecil dan sistem reproduksi wanita tersebut tidak terpengaruh.

Bukan kejadian pertama, tahun lalu seorang ibu 32 tahun yang tinggal di Michigan ditemukan memiliki kista dermoid dengan jejak sayuran di dalamnya.

Para dokter, yang menggambarkan pertumbuhan itu sebagai 'bau busuk' mengatakan alasan kista mengandung serat nabati adalah karena usus wanita itu telah berlubang dan masalah bocor.

BACA SELANJUTNYA

Alasan-alasan Umum Rambut Bayi Baru Lahir Rontok, Salah Satunya Masalah Hormon