Kamis, 28 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni : Selasa, 28 Januari 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku karena satu alasan atau lainnya. Padahal kebiasaan buruk ini berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kebiasaan buruk menggigit kuku juga bisa menyebabkan infeksi serius yang seringkali diabaikan orang.

Seorang wanita dari Skotlandia, dilansir oleh World of Buzz, membagikan cerita seorang temannya yang memiliki kebiasaan menggigit kuku.

Suatu hari, temannya yang memiliki kebiasaan menggigit kuku dilarikan ke rumah sakit. Temannya pun harus menjalani operasi darurat setelah jari-jarinya mengalami infeksi yang sudah menjalar ke lengan.

"Teman saya sangat senang dengan menggigit kuku. Akhirnya, dia harus dilarikan ke Glasgow Royal Infirmary untuk operasi darurat karena terlalu sering menggigit kuku," katanya.

Ilustrasi kuku. (Shutterstock)

Sebelumnya, temannya yang suka menggigit kuku ini sudah mengunjungi dua ahli kimia dan dua apoteker. Ia pun disarankan untuk menggunakan magnesium sulfat untuk mengatasi infeksinya.

Tetapi, kondisinya terus memburuk sampai akhirnya memutuskan pergi ke rumah sakit. Dokter lantas memberi tahu bahwa kondisinya akan semakin memburuk jika diabaikan karena infeksi sudah menjalar ke lengan.

"Jadi tolong hentikan menggigit kukumu," ujarnya.

Ilustrasi perawatan kuku. (Sumber: Shutterstock)

Wanita ini lantas memperlihatkan kondisi kuku temannya yang mengalami infeksi akibat kebiasaan menggigit kuku.

"Operasi dilakukan dengan meneteskan antibiotik untuk beberapa hari ke depan dan beginilah tampilannya sekarang."

"Jari-jarinya tanpa kuku dan tidak akan pernah tumbuh lagi. Tapi positifnya kuku itu lebih pendek dan dia tidak akan bisa menggigitnya kembali," jelasnya.

BACA SELANJUTNYA

Lucinta Luna Lakukan Operasi Jakun Demi Ganti Suara, Adakah Risikonya?