Kamis, 28 Maret 2024
Vika Widiastuti : Kamis, 01 Agustus 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Seorang wanita tampak lebih tua dari usia biologisnya. Ia menua tujuh kali lebih cepat dibanding orang-orang seusianya. Wanita bernama Claudia Amaral itu terlihat seperti nenek-nenek saat usianya baru empat bulan. 

Melansir dari Daily Star, pada usia 1 tahun Claudia didiagnosis dengan kondisi langka, yakni progeria, yang juga dikenal sebagai sindrom progeria Hutchinson-Gilford.

Claudia menjelaskan bahwa progeria adalah penyakit yang membuat penderita usianya tujuh kali lebih cepat dari umur aslinya. "Misalnya saya berusia 20 tahun, karena progeria saya berusia 140 tahun," ujarnya.

Kondisi ini memicu keterlambatan pertumbuhan yang mendalam dan penuaan dini. Semua masalah lansia pun akan muncul lebih dini, seperti masalah tulang, masalah jantung, dan sebagainya.

Wanita asal Portugis ini diberitahu dokter bahwa usia harapan hidupnya hanya akan mencapai 13 atau 14 tahun. Namun ternyata ia mampu melewatinya.

Kini Claudia yang berusia 20 tahun menjalani kehidupan sepenuhnya. Menolak untuk membiarkan masalah medis menahannya.

Claudia Amaral. (Facebook/Claudia Amaral)

Kondisi Claudia tentu memengaruhi penampilannya, yang membuatnya menonjol di depan umum. Tetapi meskipun orang asing sangat penasaran dengan progeria-nya, teman-teman dan keluarganya sangat mendukung.

"Saya tidak pernah merasa berbeda dari teman-teman saya atau orang-orang di sekitar saya, saya selalu diperlakukan sama, termasuk di sekolah," ujar Caludia.

"Progeria tidak mencegah saya melakukan apa-apa; Saya menjalani hidup saya seolah-olah progeria tidak hidup di dalam diri saya," tambahnya.

Claudia Amaral. (Facebook/Claudia Amaral)

Di waktu khusus, Claudia menghabiskan waktunya mengunjungi orang lain yang mengalami kondisi sama. Saat ini terdapat 350 hingga 400 pasien progeria di seluruh dunia.

Claudia berharap ceritanya akan membantu orang lain untuk menjadi lebih positif tentang kondisi mereka. Ia berkata, "Jika kita bergantung pada suatu penyakit, kita tidak akan pernah bisa mengatasi semua rintangan yang diletakkan progeria di depan kita,"

"Kita harus berpikir positif dan hidup seolah-olah kita membunuh progeria," jelas Claudia. (Suara.com/Yasinta Rahmawati)

BACA SELANJUTNYA

Muntah 70 Kali Sehari, Ternyata Wanita Idap Penyakit Langka!