Rabu, 03 Juni 2020
Vika Widiastuti : Senin, 29 April 2019 | 12:00 WIB

Himedik.com - Tak sedikit wanita yang memilih sabun mandi dari aromanya. Hal ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan mood dan bikin segar. Namun, yang perlu diperhatikan, ada beberapa tips memilih sabun mandi sesuai jenis kulit.

Sangat disarankan untuk jangan sampai pilih sabun hanya karena aromanya saja. Jika ingin kulit tetap terjaga kesehatannya, disarankan untuk memilih sabun mandi sesuai jenis kulit.

Perlu kamu tahu bahwa mandi tak hanya tentang membersihkan badan saja. Mandi juga jadi ritual yang sangat penting agar tubuh menjadi lebih sehat. Nah, mandi juga bukan sebatas membersihkan tubuh dengan air dan sabun.

Memang sebaiknya kamu mengetahui kebutuhan dan memilih sabun yang pas untukmu. Di bawah ini ada beberapa tips memilih sabun mandi sesuai jenis kulit.

1. Kulit normal

Ilustrasi saat mandi. (Shutterstock)

2. Kulit berminyak

Tak hanya kulit wajah, kulit tubuh pun juga bisa berminyak. Hal ini ditandai dengan kulit kenyal dan lembap. Kulit jenis ini menjadi tempat yang bagus bagi bakteri untuk berkembang. Jadi, sabun anti bakteri bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Sabun yang mengandung lavender atau chamomile juga pas untuk mengontrol kadar minyak di kulitmu.

3. Kulit sensitif

Spons mandi. (Shutterstock)

Sabun bayi jadi salah satu pilihan yang tepat untuk jenis kulit sensitif. Jika kamu ingin menggunakan sabun cair, sabun yang mengandung vitamin E dan sedikit deterjen bisa dicoba.

4. Kulit kering

Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit yang mudah bersisik, gatal, dan cenderung terlihat kusam. Jika jenis kulitmu adalah kulit kering, sebaiknya hindari sabun yang memiliki terlalu banyak deterjen dan sabun anti bakteri karena akan membuat kulit semakin kering.

Sangat disarankan untuk memilih shower cream yang memiliki label moisturizing atau melembapkan. Sabun yang mengandung shea butter atau susu juga bisa dijadikan pilihan. (DewiKu.com/Kintan Sekarwangi)