Senin, 25 Mei 2020
Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana : Jum'at, 29 Maret 2019 | 12:30 WIB

Himedik.com - Arifa Sultana, seorang wanita asal Bangladesh, melahirkan bayi kembar sebulan setelah baru saja melahirkan bayi laki-laki. Dokter mengungkapkan, ibu berusia 20 tahun itu memiliki dua rahim.

Pada 25 Februari lalu, Arifa melahirkan bayi laki-laki prematur melalui persalinan normal. Hanya berselang 26 hari kemudian, para dokter terheran-heran ketika air ketuban Arifa pecah dan kemudian bersalin lagi.

Ibu muda ini, dikutip HiMedik.com dari The Sun, Kamis (28/3/2019), melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan melalui operasi caesar darurat.

"Dia tidak menyadari bahwa dia masih mengandung si kembar", kata kepala ginekolog rumah sakit Sheila Poddar kepada AFP. "Kami melakukan operasi caesar dan dia melahirkan anak kembar, satu laku-laki dan satu perempuan."

Dua bayi kembar buah cinta Arifa dan Sumon Biswas, suaminya, itu lahir dalam kondisi sehat dan pulang dari rumah sakit tanpa komplikasi.

Ilustrasi melahirkan bayi (Pixabay/SeppH)

Sebelumnya, saat Arifa melahirkan seorang bayi laki-laki di Khulna Medical College Hospital, dokter tidak melihat ada bayi kembar yang tumbuh di dalam rahim keduanya.

Hampir satu bulan kemudian, Arifa mengeluh sakit perut lalu dilarikan ke Ad-din Hospital. Dr Poddar mengatakan, USG mengungkapkan bahwa Arifa memiliki dua rahim.

"Bayi laki-laki pertama lahir dari satu rahim dan si kembar dari yang lain," kata Dr Poddar. Menurutnya, fenomena ini langka dan belum pernah ia temui sebelumnya.

"Ketika pasien datang, kami melakukan USG dan menemukan ada bayi kembar," kata Dr Poddar kepada BBC. "Kami benar-benar terkejut. Saya belum pernah mengamati kejadian seperti ini sebelumnya."