Kamis, 18 April 2024
Vika Widiastuti | Yuliana Sere : Kamis, 07 Maret 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Perayaan ini dirayakan pertama kali pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Menjelang perayaan Hari Perempuan Internasional, kali ini HiMedik telah mengumpulkan 10 masalah utama mengenai kesehatan wanita, dilansir dari WHO.

1. Kanker 

Dua kanker paling umum yang menyerang wanita adalah kanker payudara dan leher rahim. Mendeteksi kedua kanker ini lebih awal adalah kunci untuk menjaga wanita tetap hidup dan sehat.

Sebagian besar kematian ini terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana skrining, pencegahan, dan pengobatan hampir tidak ada, dan di mana vaksinasi terhadap virus human papilloma perlu dilakukan.

2. Kesehatan reproduksi

Masalah kesehatan seksual dan reproduksi bertanggung jawab atas sepertiga masalah kesehatan bagi perempuan berusia antara 15 dan 44 tahun.

Seks yang tidak aman adalah faktor risiko utama terutama di kalangan perempuan dan anak perempuan di negara berkembang.

Ilustrasi puting payudara sakit. (Suara.com)

3. Kesehatan ibu

Banyak wanita saat ini mendapat manfaat dari perawatan selama kehamilan dan persalinan.

Namun, sepertinya manfaat ini belum bisa dirasakan semua wanita. Data 2013 menunjukkan hampir 300.000 wanita meninggal karena komplikasi pada kehamilan dan persalinan.

4. HIV

Terlalu banyak wanita muda yang masih berjuang untuk melindungi diri dari penularan HIV melalui hubungan seksual dan untuk mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Ini juga membuat mereka sangat rentan terhadap TBC, salah satu penyebab utama kematian di negara-negara berpenghasilan rendah.

5. Infeksi menular seksual

Penting untuk melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit seperti gonore, klamidia, dan sifilis.

Sifilis yang tidak diobati menyebabkan lebih dari 200.000 kematian janin saat lahir, kematian janin dini setiap tahun dan kematian lebih dari 90.000 bayi baru lahir.

Ilustrasi pelecehan seksual. (Unsplash/@Victoriano Izquierdo)

6. Kekerasan terhadap perempuan

Lihat selengkapnya ya!

BACA SELANJUTNYA

Apa Benar Miss V yang Sehat Berarti Tidak Berbau?