Sabtu, 10 April 2021
Vika Widiastuti : Rabu, 06 Maret 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Himedik.com - Sebelum membeli produk kecantikan atau kosmetik, biasanya orang akan menjajalnya terlebih dahulu. Selain itu, biasanya setiap konter makeup di pusat perbelanjaan juga telah menyediakan sampel untuk dicoba pembeli, tapi aman nggak ya?

Disampaikan Susie Sobol, seorang penata rias profesional, dilansir Suara.com dari Medical Daily, berhati-hati saat menjajal sampel kosmetik khususnya lipstik, lipgloss, dan maskara karena bakteri mudah berkembang dalam kondisi lembab.

"Jangan pernah percaya bahwa sampel makeup dalam toko telah dibersihkan. Produk bubuk seperti blushon dan eyeshadow sedikit lebih aman untuk dicoba tapi selalu bersihkan dulu permukaan produk dengan tisu dan gunakan kuas bersih," ujar Susie.

Selain itu jika Anda ingin mencoba make up seperti lipstik, foundation atau blush on maupun bedak pastikan tidak menggunakannya di wajah. Cukup oleskan di tangan Anda.

Ilustrasi Lipstik (Pixabay/annca)

 

Meski bermaksud baik, berbagi kosmetik dengan teman-teman Anda juga bukan ide yang bagus. Produk yang secara langsung bersentuhan dengan mata, bibir dapat dengan mudah menyebarkan kuman.

"Berbagi eyeliner, misalnya, dapat menyebabkan infeksi seperti mata merah muda, sementara berbagi lipstik bisa membuat Anda menderita herpes. Tentu saja, ini juga berlaku untuk sampel make up yang disediakan di toko. Lebih aman untuk menerapkannya di tangan daripada di wajah Anda," ujar Susie.

Untuk alasan yang sama, Anda juga harus memastikan untuk mencuci wajah sebelum tidur setiap malam meskipun itu terasa merepotkan. Tidur dengan wajah tertutup oleh foundation dan produk makeup lain dapat merusak kulit. Bahkan riasan bisa terjebak di sel-sel kulit mati dan memungkinkan bakteri menumpuk, meningkatkan risiko penuaan dini dan timbulnya jerawat.

Dan tidur dengan riasan mata yang belum dibersihkan mungkin lebih berisiko. Pada satu kasus ekstrem, seorang perempuan menderita jaringan parut dan iritasi permanen karena kebiasaan tidur jangka panjang tanpa membersihkan maskara.

Ilustrasi memakasi maskara (Pixabay/Bru-nO)

 

"Tidur dalam riasan mata berulang kali dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut dan kelenjar minyak kecil di kelopak mata Anda. Ketika area ini tersumbat, bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan," ujar dr. Eric Schweiger, pendiri Clear Clinic di New York City dilansir Medical Daily.

Dan saat berbelanja, hindari makeup palsu dan produk tiruan lainnya. Investigasi telah menemukan produk makeup palsu mungkin mengandung bahan kimia berbahaya seperti arsenik, merkuri, dan aluminium.

Belanjakan uang untuk produk kosmetik asli agar tetap aman dan pastikan untuk mengikuti cara pemakaian pada kemasan termasuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa, suhu dan kondisi penyimpanan yang dianjurkan dan ingat untuk tidak mencoba sampel kosmetik di mall sebelum membeli makeup(Suara.com/Firsta Nodia)

BACA SELANJUTNYA

Studi: Suntik Hormon Progesteron Wanita Bisa Bantu Pria Lawan Covid-19